Seniman Charlene Junus Jual Masker Lukis untuk Donasi, Jokowi Pernah Pakai

Mauludi Rismoyo - detikHot
Senin, 21 Sep 2020 18:36 WIB
Charlene Junus
Charlene Junus buat masker lukis dan pernah dipakai Jokowi. (Foto: ist)
Jakarta -

Di tengah pandemi virus Corona, seniman muda Charlene Junus membuat sebuah inovasi. Ia menjual masker lukis.

Charlene Junus melukis tentang budaya Indonesia dalam maskernya. Perempuan kelahiran Jakarta, 25 Juni 2002 itu menjual karyanya sejak Maret dan hasilnya banyak yang berminat.

"Di waktu pandemi ini kan semua orang pakai masker dan itu menjadi tren baru, jadi itu adalah waktu paling bagus untuk promosi budaya Indonesia juga lewat motif-motif lukisan saya di masker kain," ujar Charlene kepada detikcom, Senin (21/9/2020).

"Iya betul, saya mulai lukis di masker pada saat bulan Maret. Sekarang sih saya sudah jual lebih dari 300 masker lukis."

Charlene Junus mengatakan lukisan dalam masker bisa dipesan sesuai pembeli. Ia menjual jasanya lewat Instagram.

"Saya lewat Instagram jualnya. Biasanya saya cas minimum Rp 150 ribu per masker, karena untuk didonasikan. Semua custom lukisannya. Jadi orang bisa kirim foto yang mereka inginkan dan saya yang lukis untuk mereka," ucap Charlene.

Hasil dari menjual masker lukis pun tak dinikmati sendiri olehnya. Charlene Junus menyumbangkan keuntungannya untuk orang-orang yang terdampak pandemi COVID-19.

"Saya melukis masker untuk diperjualkan dan untungnya saya telah sumbangkan ke RSUD, panti asuhan, dan organisasi sosial. Jadi untuk kemanusiaan. Dan saya cari organisasi dan rumah sakit sendiri untuk mendonasikannya," tutur Charlene.

Charlene JunusCharlene Junus buat masker lukis saat pandemi Corona. Foto: ist

Lebih lanjut, Charlene Junus mengaku kadang lelah harus melukis dan belajar secara bersamaan. Namun rasa capeknya terbayar saat pembeli menyukai lukisannya dalam masker.

"Kadang capek sih karena juga ada tugas sekolah. Tapi sangat menyenangkan bagi saya untuk melukis di atas masker kain, karena saya dari kecil udah hobi suka melukis, apalagi kalau customernya suka maskernya, saya lebih senang," kata Charlene.

Gara-gara masker lukis, Charlene Junus sampai dibicarakan orang-orang Istana Negara. Hasilnya Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pernah memakainya di Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2020 lalu.

Charlene Junus pun begitu syok. Ia tak menyangka masker lukisnya dipakai orang-orang penting.

"Jadi ada orang di Istana pesen masker dari saya dan tahu-tahu dia mau ngasih ke RI-1 dan 2. Saya juga nggak nyangka maskernya bakal dipakai dan dikasih presiden dan wapres. Tahu-tahu di Hari Kemerdekaan saya dapat foto Pak Ma'ruf memakai masker lukis saya, saya sangat terharu juga," pungkasnya.

Sekadar diketahui Charlene Junus bukan seniman baru. Sudah sejak kecil ia melukis dan kerap dipajang di beberapa museum, di antaranya Museum Roemah Djawa Dua dan Marto Art Gallery.

(mau/tia)