Irawan Karseno Gelar Pameran Tunggal Melukis dalam Kereta

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 17 Sep 2020 12:42 WIB
Pameran Tunggal Irawan Karseno di Galerikertas studiohanafi
Irawan Karseno gelar pameran tunggal Melukis dalam Kereta Foto: Galerikertas studiohanafi/ Istimewa
Jakarta -

Situasi yang tak menentu akibat pandemi COVID-19 tak membuat Galerikertas studiohanafi berhenti menggelar pameran seni. Pada 18 September, pelukis Irawan Karseno menyelenggarakan pameran tunggal.

Eksibisi akan dibuka secara terbatas dengan aturan protokol kesehatan yang ketat dan dilanjutkan dengan berbagai acara secara daring.

Kurator pameran Heru Joni Putra mengatakan karya-karya Irawan Karseno yang ditampilkan dalam pameran Melukis dalam Kereta adalah karya abstrak yang menampilkan gejala menarik.

"Mungkin sangat khas dengan gerak-gerik Irawan Karseno sendiri yang dalam pengertian yang luas, tidak bisa diam. Abstraksi sebagai gejala atas kesementaraan dalam keriangan atau sebaliknya," tulis Heru Joni Putra dalam siaran pers yang diterima detikcom, Kamis (17/9/2020).

Menurut Heru Joni Putra, karya abstrak Irawan Karseno menawarkan momen untuk merasakan kilasan atau perubahan yang cepat.

"Sepertinya alasan di baliknya karena Irawan Karseno pernah menjalani hidup di tiga kota, yakni Surabaya, Bandung, dan Jakarta," lanjut Heru.

Irawan Karseno adalah lulusan FSRD ITB (Bandung) pada tahun 1986. Ia telah menyelenggarakan pameran tunggal dan bersama sejak 1984.

Pameran tunggal terakhirnya bertajuk Believe it or not di Galleri Cipta 3, kompleks Dewan Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Pada periode 2013-2018, ia dikenal sebagai Ketua Dewan Kesenian Jakarta (DKJ).

Pameran tunggal Irawan Karseno adalah eksibisi kedua yang digelar Galerikertas studiohanafi tahun ini di masa kenormalan baru. Sebelumnya, Galerikertas menggelar pameran Hanafi 60 Tahun dalam Studio pada 5 Juli sampai 5 Agustus 2020.

Diikuti dengan pameran perupa muda pilihan Hanafi di pertengahan Agustus 2020.

Art Program Studiohanafi, Adinda Luthvianti mengatakan di masa pandemi Galerikertas menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi pengunjung. Aturan jam kunjungan ke galeri pun dibatasi.

"Sekali satu jam, hanya bisa dikunjungi oleh 9 pengunjung. Setiap satu jam berlalu, ruangan Galerikertas dikosongkan selama 30 menit untuk pembersihan, dan setelah itu baru dilanjutkan dengan 9 pengunjung berikutnya. Begitu seterusnya," katanya.

Pameran tunggal Irawan Karseno dibuka pada 18 September dan berlangsung hingga 15 Oktober 2020 di Galerikertas studiohanafi, Jalan Raya Meruyung Gang Manggis Nomor 72, Parung Bingung, Depok.



Simak Video "Wah! Ada Festival Seni di Terminal Merak-Bakaheuni"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)