Nonton Teater Cinta Dasima untuk Isi Akhir Pekanmu

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 11 Sep 2020 14:06 WIB
Pertunjukan teater Cinta Dasima di program #NontonTeaterDiRumahAja
Program #NontonTeaterDiRumahAja hadirkan lakon Cinta Dasima Foto: IndonesiaKaya/ Istimewa
Jakarta -

Program #NontonTeaterDiRumahAja masih hadir saat pandemi COVID-19. Setiap akhir pekan, bagi sajian sandiwara Betawi yang berjudul Cinta Dasima akan menemani waktu luangmu pada 12-13 September 2020 pukul 15.00 WIB di situs IndonesiaKaya.

Lakon yang diproduksi oleh Teater Abnon itu menceritakan tentang Nyai Dasima yang dipaksa menikah dengan Edward William, seorang Inggris kepercayaan Gubernur Jenderal Batavia di zaman itu.

Tapi, Nyai Dasima tidak merasa bahagia dalam hidupnya. Suatu hari, di sebuah acara di rumah Koh Aseng, ia bertemu dengan tukang delman bernama Samiun.

Mereka pun jatuh cinta tapi saling menjaga norma. Sementara istri Samiun, diam-diam mengetahui hubungan terlarang itu dan melabrak Dasima.

Karena sakit hati, dia minta tolong Koh Aseng yang punya jagoan bernama Bang Puase untuk memberikan pelajaran kepada Dasima.

Produser Cinta Dasima, Maudy Koesnaedi, mengatakan pementasan Cinta Dasima adalah upaya untuk mengenalkan budaya Betawi kepada generasi muda.

Pertunjukan teater Cinta Dasima di program #NontonTeaterDiRumahAjaPertunjukan teater Cinta Dasima di program #NontonTeaterDiRumahAja Foto: IndonesiaKaya/ Istimewa

"Menyaksikan kembali pementasan ini akan membawa kenangan tentang pementasan teater, bagaimana serunya bertemu tim produksi dan sama-sama berproses untuk menampilkan pertunjukan yang menghibur. Proses ini yang saya rindukan," kata Maudy dalam siaran pers yang diterima detikcom.

"Semoga penayangan Cinta Dasmina dalam mengisi, mewarnai, dan menjadi solusi hiburan bagi penikmat seni yang ada di rumah," lanjut Maudy Koesnaedi lagi.

Lakon Cinta Dasima menampilkan puluhan Abang dan None Jakarta Utara. Serta dimeriahkan oleh Melissa, A. Rifky, Tike Priatnakusumah, Tasa Rudman, dan Kiki Purliageng.

Sebelumnya, lakon Cinta Dasmina sudah pernah dipentaskan pada 16-17 Mei 2009 di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ). Pementasan durasi sekitar 2 jam akan ditampilkan dalam konsep sandiwara khas Betawi.

Selain mengajak penikmat seni untuk #NontonTeaterDiRumahAja, IndonesiaKaya bekerjasama dengan Happy Salma, Butet Kartaredjasa, dan Ratna Riantiarno mengajak publik untuk berdonasi. Lewat situs kitabisa.com, donasi dibuka bagi pegiat seni Tanah Air.



Simak Video "Uniknya Seni Pertunjukan Gabungan, Jakarta."
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)