Solo International Performing Arts 2020 Dibuka Secara Daring di Tengah Pandemi

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 11 Sep 2020 13:05 WIB
Solo International Performing Arts (SIPA) 2020 dibuka secara daring
Dory Harsa buka Solo International Performing Arts (SIPA) Festival 2020 Foto: Gede Arga/ SIPA 2020
Jakarta -

Gelaran Solo International Performing Arts (SIPA) 2020 resmi dibuka tadi malam. Festival seni pertunjukan bertaraf internasional tetap digelar saat pandemi COVID-19 masih mewabah di Indonesia.

SIPA 2020 yang digelar pada 10-12 September dibuka secara virtual lewat YouTube SIPA Festival. Dory Harsa yang menjadi maskot SIPA membuka festival lewat lagu berjudul Ninggal Tatu bersama kelompok seni Semarak Candra Kirana.

Saat pembukaan virtual, Direktur SIPA 2020 Irawati Kusumorasri menuturkan SIPA adalah ikhtiar dari rencana besar untuk mencari dan mengembangkan potensi budaya yang ada.

"Janji itu senantiasa menggelora dalam setiap panggung pertunjukan, dan tahun ini memasuki usia yang ke-12 tahun. Tidak ada kata berhenti mencari bagi SIPA," kata Irawati.

Bahkan ketika situasi tidak menentu akibat pandemi COVID-19 yang membuat sejumlah agenda seni dibatalkan maupun ditunda, SIPA tidak berhenti berkarya.

"Ketika kehidupan manusia harus mentransformasi diri, panggung SIPA harus cerdas dalam menghidupi perubahan itu. Maka inilah panggung baru SIPA, yang lahir dari pembacaan transformasi ruang dalam kekinian zaman," katanya.

Solo International Performing Arts (SIPA) 2020 dibuka secara daringSolo International Performing Arts (SIPA) 2020 dibuka secara daring Foto: Gede Arga/ SIPA 2020

Dari kota Solo, SIPA tetap digelar secara virtual yang menembus batas ruang. Tahun ini, SIPA Mengusung tema Recognition and Acceleration yang mengangkat seni sebagai suatu penghargaan dan apresiasi untuk terus maju.

"Saya menganggap usia SIPA yang panjang jadi satu penentu kita bersikap kreatif dan kritis di masa sekarang. Termasuk masa-masa seni pertunjukan menunjukkan eksistensinya dan kreativitas yang terus menerus dilakukan dengan memacu akselerasi," tambah kurator SIPA 2020, Eko Supriyanto atau akrab disapa Eko Pece.

Saat pembukaan, Dory Harsa bersama Semarak Candra Kriana, Triapswaya, dan Luluk Ari Prasetyo tampil secara live di dalam studio.

Solo International Performing Arts (SIPA) 2020 dibuka secara daringSolo International Performing Arts (SIPA) 2020 dibuka secara daring Foto: Gede Arga/ SIPA 2020

Selain itu, 20 delegasi dari Indonesia dan mancanegara juga hadir untuk meramaikan. Ada Panwar Music and Dance dari Kanada, Chao Ming Tung dari Taiwan, Annabel Laura asal Belanda, My Voice - A Theatre Group dari Hongkong, Natalino Mella dari Nusa Tenggara Timur, Maria Magdalena asal Palangkaraya, Hartati dari Jakarta, dan lain-lain.

Malam pembukaan ditutup dengan penampilan dari My Voices, A Theatre Group asal Hongkong yang membawakan karya berjudul La Eleccion, dari Hongkong ke Bolivia.

SIPA 2020 akan berlangsung daring mulai 10-12 September 2020 di YouTube SIPA Festival.



Simak Video "Fakta-fakta Pernikahan Nella kharisma dan Dory Harsa"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)