Ghost in the Shell Diadaptasi Jadi Teater Noh Khas Jepang, Bagaimana Jadinya?

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 08 Sep 2020 09:52 WIB
Manga Ghost in the Shell Diadaptasi Jadi Teater Noh
Manga Ghost in the Shell diadaptasi jadi teater Noh khas Jepang Foto: Istimewa
Jakarta -

Serial manga Ghost in the Shell karya Masamune Shirow kini diadaptasi menjadi teater tradisional khas Jepang bernama Noh. Tak sekadar dialihwahanakan menjadi seni pertunjukan, tapi juga menggabungkan teknologi virtual reality (VR).

Pertunjukan teater Noh Ghost in the Shell digelar di Teater Umum Setagaya, Tokyo, Jepang, sepanjang akhir pekan lalu. Selama sebulan belakangan ketika industri hiburan satu per satu kembali bangkit, Jepang mulai mengizinkan gedung pertunjukan dibuka.

Video promosi pementasan tersebut sudah dipublikasikan sejak lama. Ceritanya pun ditulis ulang oleh Jun'ichi Fujisaku yang sudah melanglang buana di seni pertunjukan Jepang.

Dilansir dari Anime News Network, ia mengatakan ide membuat teater Noh dari Ghost in the Shell muncul ketika sutradara Shutaru Oku punya ide yang menarik.

"Taoi kalau menggunakan manga aslinya sebagai dasar, saya bisa melihat ke dalam Ghost in the Shell di dalam diri saya dan tanpa malu-malu mencoba untuk mengadaptasinya untuk teater khas tradisional Jepang," ucapnya.

Manga Ghost in the Shell Diadaptasi Jadi Teater NohManga Ghost in the Shell Diadaptasi Jadi Teater Noh Foto: Istimewa

Ceritanya pun dibuat sesuai dengan versi manga asli. Bukan adaptasi layar lebar yang melambungkan nama Scarlett Johansson yang berperan sebagai Motoko Kusanagi.

Teknik teater Noh digunakan sebagai konsep dasar dan teknologi VR menjadi kebaruan di dunia modern seperti sekarang ini.

Pertunjukan VR Noh kini menciptakan kembali dunia baru tanpa menggunakan kacamata VR. Di dalam pentas, juga ada tarian klasik Jepang yang sudah ada hampir 7 abad lamanya dalam kesenian Noh.

Manga Ghost in the Shell menceritakan soal agen cyborg yang hidup di era tahun 2029 saat robot-robot dengan kecerdasan buatan hidup berdampingan dengan manusia.

Kusanagi dan sejumlah anggota tim keamanan, Public Security Section 9 memiliki kewajiban untuk menghentikan kejahatan yang dilakukan oleh hacker terkenal, the Puppet Master. Serta mengantisipasi pergerakan dari penjahat misterius yang ingin menghancurkan perkembangan teknologi dari Hanka Robotic.



Simak Video "Masashi Kishimoto Ambil Alih Manga Boruto"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)