Maestro Fotografi Indonesia Nico Dharmajungen Meninggal Dunia

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 03 Sep 2020 12:57 WIB
Maestro Fotografi Indonesia Nico Dharmajungen Meninggal Dunia
Fotografer senior Nico Dharmajungen meninggal dunia Foto: Revaldi Muhammad/ Istimewa Kitabisa.com
Jakarta -

Kabar duka datang dari dunia seni fotografi. Fotografer fine art senior Nico Dharmajungen meninggal di usia 72 tahun.

Kepergian maestro fotografi dikabarkan lewat akun Instagram pribadinya, seperti dilihat detikcom.

"Ars Longa Vita Brevis (seni berumur panjang, hidup berumur pendek). NICO DHARMAJUNGEN 1948-2020," tulis akun pribadi Nico Dharmajungen, seperti dilihat detikcom, Kamis (3/9/2020).

Nico Dharmajungen lahir di Jakarta pada 1948 dan pernah tinggal di Jerman sejak 1967.

Pada 1969 sampai 1970, ia belajar seni fotografi dari Peter Busch dan mengenyam pendidikan di Hamburger Foto Schule selama setahun.

Pada 1971, ia melanjutkan pendidikan seni rupa dan komunikasi visual di Grafik Schule Rolf Laute dan Hochschule fur bildende Kunste di Hamburg, Jerman.

Kerabat dan rekan sesama fotografer pun mengucapkan rasa duka yang mendalam atas kepergian sang maestro fotografi.

"Selamat jalan pak Nico. Rest in love. Doa dan cinta kami menyertaimu," tulis Panna Foto.

"RIP Pak Nico," tulis fotografer Arbain Rambey.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun.
Semoga almarhum mendapat tempat yg terbaik di sisiNya dan diampuni segala dosa2nya dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran lebih. Amin," tulis @noormaniart.

[Gambas:Instagram]



Sebelumnya pada 5 Agustus, tersebar donasi untuk kesembuhan Nico Dharmajungen. Ridhwan Siregar yang mewakili kerabat dekat dan muridnya, menuliskan sang fotografer sakit selama beberapa bulan belakangan.

"Usia om Nico Dharmajungen saat ini 73 tahun, menderita penyakit Komplikasi (Penurunan fungsi ginjal, liver dan jantung) dan sedang menjalani tindakan pengobatan di RS Umum Siloam TB Simatupang, Jakarta Selatan," tulis Ridhwan Siregar dilihat di situs kitabisa.com.

Awalnya kondisi Nico Dharmajungen mengalami mual, sesak napas, dan cegukan selama tiga hari belakangan. Lantaran tak kunjung membaik, ia dibawa ke RS Umum Siloam TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Karier Nico Dharmajungen dimulai di awal dekade 1970 sampai sekarang. Setelah menjadi asisten fotografer Alan Ginsburg pada 1976-1980, ia memulai karier sebagai fotografer lepas di tahun 1981.

Nico Dharmajungen kembali ke Indonesia pada 1992 dan membuka studio Day & Nite. Pada 1995, ia mendirikan Nico's Photography.



Simak Video "Keindahan Visual ala Foto Bawah Air Malang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)