Happy Salma Cerita Awal Garap Pentas Teater Daring Pertama saat Pandemi

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 12 Agu 2020 08:10 WIB
Pentas Virtual Daring Rumah Kenangan Persembahan Titimangsa Foundation
Pentas teater daring Rumah Kenangan / Foto: IndonesiaKaya/ Istimewa
Jakarta -

Titimangsa Foundation bakal menggelar pertunjukan teater daring pertama akhir pekan ini. Pertunjukan berjudul Rumah Kenangan itu menghadirkan punggawa teater dan digelar dengan format terbaru secara sinematik seperti sebuah film.

Produser sekaligus ide cerita, Happy Salma, menuturkan ide tercetusnya pementasan Rumah Kenangan bermula dari obrolan biasa.

"Ide ini mengalir secara organik dan merespons situasi sekarang ini. Awalnya saya mengobrol di tanggal 3 Juni 2020, saya menyampaikan kondisinya tidak mungkin pertunjukan Inggit tetap dilaksanakan, mungkin tahun depan. Sedih juga ya, tidak akan ada pertunjukan apa-apa, saya hubungi Mas Agus (Agus Noor) untuk bikin sesuatu," tuturnya saat jumpa pers virtual, Selasa (11/8/2020).

Ide mengenai sebuah keluarga yang berakar pada rumah menjadi konsep awal. Happy Salma menuturkan tema rumah dianggap yang paling pas saat pandemi COVID-19.

"Kami bikin dengan format daring, saya mengajak para dedengkot teater dan guru saya Ibu Ratna (Ratna Riantiarno) dan Mas Butet (Butet Kartaredjasa)," sambung Happy Salma.

Para pemain lainnya pun mulai diajak. Ada Susilo Nugroho dari Teater Gandrik Yogyakarta, aktor serba bisa Reza Rahadian yang berlatih main gitar, dan Wulan Guritno yang pernah mengenyam pendidikan teater dan tari.

Proses latihan dilakukan secara virtual via aplikasi Zoom dengan pemain dan sutradara dari berbagai kota. Kemudian, mereka berkumpul di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja setelah para pemain dan kru melakukan rapid tes dengan hasil nonreaktif.

"Proses yang hanya dua bulan, 6 orang ini tenaganya di atas rata-rata. Dengan proses sinematik tanpa run to cut, energinya di atas panggung akan tetap sama," kata Happy Salma yang juga berperan sebagai Mutiara Wijaya.

Meski tetap melakukan pengadegan seperti teater di atas panggung, Happy Salma dan sutradara Agus Noor menjelaskan prosesnya juga direkam dalam bentuk film atau sinematik.

Rumah Kenangan menceritakan tentang 6 manusia dengan berbagai karakter terpaksa tinggal di dalam rumah karena pandemi. Raden Wijaya Sastro (Butet Kartaredjasa) menikahi Amelia (Ratna Riantiarno menjadi istri kedua. Keduanya membawa anak masing-masing untuk tinggal satu atap, ada Mutiara Wijaya (Happy Salma) dan Randy Wijaya (Reza Rahadian).

Selama masa pembatasan sosial berskala besar, Mulan (Wulan Guritno) yang merupakan sahabat Mutiara turut tinggal di rumah yang sama. Parto (Susilo Nugroho) yang menjadi ART di rumah menambah keseruan Rumah Kenangan.

Pementasan teater daring pertama yang dibuat selama masa pandemi Rumah Kenangan bakal berdurasi 1 jam 10 menit. Tiket pentasnya dibanderol seharga Rp 50 ribu dan digelar pada 15 dan 16 Agustus 2020 pukul 20.00 WIB di situs IndonesiaKaya.



Simak Video "Parno Corona, Wulan Guritno Bangkit Lewat 'Rumah Kenangan'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)