Hari Anak Nasional Dirayakan dengan Ilustrasi-ilustrasi Keren Ini

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 23 Jul 2020 15:00 WIB
Ilustrasi Hari Anak Nasional 2020 di Instagram Jokowi
Hari Anak Nasional 2020 Foto: Jokowi/ Instagram
Jakarta -

Indonesia merayakan Hari Anak Nasional yang jatuh setiap tanggal 23 Juli. Hari Anak Nasional yang awalnya bernama Hari Kanak-kanak itu diubah oleh Dewan Pimpinan Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

Meski sempat berganti-ganti tanggal, tapi akhirnya tanggal 23 Juli dinyatakan sebagai Hari Anak Nasional. Tanggal itu disahkan sesuai UU Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak.

Di dunia, hampir setiap negara punya peringatan Hari Anak Nasional. Ada juga Hari Anak Universal atau World Children Day yang diperingati setiap tanggal 20 November.

Peringatan Hari Anak Internasional juga ada setiap tanggal 1 Juni sejak tahun 1857. Di Hari Anak Indonesia, para ilustrator buku anak tak ketinggalan merayakan lewat berbagai ilustrasi yang dibagikan di akun Instagram @childrenillustrator.id.

Seperti yang dibagikan oleh @arratihra.studio yang mengutip perkataan Pablo Picasso, bahwa setiap adalah seniman.

Ia menggambarkan seorang anak perempuan berhijab yang tengah menggambar dan dikelilingi oleh aneka kanvas.

[Gambas:Instagram]




Ilustrator @filzaamalina juga membuat gambar anak-anak yang tengah bermain di pinggir pantai dengan dedaunan dari pohon kelapa di Hari Anak Nasional. Mereka tampak berbahagia dan tertawa.

Lain halnya dengan @dyah_sekartaji yang membuat gambar anak-anak tengah bermain ingkling. Ia menceritakan pengalaman masa kecilnya sepulang sekolah yang setiap hari bermain permainan tradisional tersebut.

"Cara main nya bikin garis kotak kotak dulu, terus lempar gaco (biasa pake pecahan genteng), setelah itu lompat pake satu kaki di setiap kotak. Seneng banget dulu main ini," ujarnya.

[Gambas:Instagram]




Ada juga ilustrator dengan akun @gna_dna yang menggambar ulang pose kocak Sherina dan Sadam yang ada di film Petualangan Sherina. Menurutnya, film garapan Mira Lesmana dan Riri Riza menjadi salah satu film rekomendasi untuk anak-anak masa kini.

Uniknya ada juga anak-anak yang gemar mengkhayal bisa terbang memakai sapu terbang seperti ketika belajar di Hogwarts.

Aneka perayaan Hari Anak Nasional patut diapresiasi dengan berbagai cara. Presiden Indonesia, Jokowi, mengucapkan Hari Anak Nasional dengan ilustrasi keren karya seniman Indonesia.

Anak-anak Indonesia tampak bermasker dan berusaha menggapai cita-cita mereka. Ada yang sedang meneropong bintang, menulis, dan lain-lain.

"Lebih tujuh puluh juta anak Indonesia hari-hari ini ikut merasakan dampak pandemi global Covid-19. Mereka tak lagi bebas bermain bersama kawan-kawan sebaya. Sebagian mereka harus belajar dari rumah pada hari sekolah.

Bagaimana pun, anak-anak adalah masa depan bangsa ini. Mereka harus mendapatkan perlindungan. Di pundak merekalah, terpanggul harapan akan Indonesia yang maju. Selamat Hari Anak Nasional 2020," tulis Jokowi.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Video Kegigihan Anak Pulau Ikuti Belajar Online Raih Penghargaan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)