detikHot

art

Indonesia Comic Con Resmi Ditunda hingga Januari 2021

Kamis, 16 Jul 2020 11:18 WIB Tia Agnes - detikHot
Indonesia Comic Con 2016 Indonesia Comic Con 2020 ditunda ke 30-31 Januari 2021 Foto: Istimewa
Jakarta -

Gelaran pop culture terbesar Indonesia Comic Con 2020 resmi menunda penyelenggaraannya hingga 2021. Kabar itu dibagikan lewat media sosial mereka kemarin.

"Halo teman-teman, apakah kamu sudah melihat pengumuman video di YouTube @indonesiacomicon?? Kami sayangnya mengumumkan Indonesia Comic Con harus pindah tanggal ke 30-31 Januari 2021. Sehat selalu, pakailah masker, dan tetap mengagumkan," tulis keterangan Indonesia Comic Con, seperti dikutip dari akun Instagram resminya, Kamis (16/7/2020).

Festival budaya populer terbesar di Indonesia tadinya dijadwalkan untuk digelar pertengahan tahun ini. Namun pandemi COVID-19 membuat alasan utama penundaan.

Manajer Project Indonesia Comic Con, Andriani Tirtawisata, lewat akun YouTube resmi mereka mengatakan pandemi COVID-19 membuat pertimbangan dan situasi saat ini yang menjadi alasan utama.

"Kita perlu waktu untuk menyiapkan acara agar lebih menyenangkan tapi pada waktu yang sama juga sejalan dengan protokol pemerintah soal COVID-19," kata Andriani Tirtawisata.

Ia menuturkan keputusan yang sulit diambil ini juga ingin memastikan keselamatan, kesehatan, dan kenyamanan dari pengunjung.

Indonesia Comic Con 2019Kemeriahan Indonesia Comic Con 2019 Foto: Indonesia Comic Con 2019 (Tia Agnes/detikcom)

Setiap tahunnya, Indonesia Comic Con sukses menggaet para pencinta budaya populer untuk menyambangi lokasi. Di Indonesia Comic Con 2019 puluhan pengisi acara dari berbagai negara datang ke Indonesia.

Di Indonesia Comic Con 2019, ada pemeran Ranger Merah Austin St John yang menjumpai para penggemar dan membawa kembali nostalgia pengunjung bersama serial Power Ranger. Salah satu cast serial Marvel 'Daredevil' dan 'The Punisher', Deborah Ann Woll, komikus Jamez Raiz Hendry Prasetya, Ardian Syaf juga memeriahkan gelaran pop culture ini.

Bagi komunitas cosplay dan para cosplayer Tanah Air, 12 cosplayer unjuk gigi karya mereka. Ada Larissa Rochefort, Sherly Yukimo, Mayumi Reena, Hika x Sayuri, dan masih banyak lagi.

Salah satu momen terbaru saat Indonesia Comic Con 2019 adalah Bumilangit merilis komik-komik yang terbit sepanjang tahun kemarin, salah satunya adalah Bangkitnya Ki Wilawuk.

Digelar sejak 2015, Indonesia Comic Con menjadi agenda tahunan bagi pop culture yang diselenggarakan oleh ReedPOP. Kepopuleran Indonesia Comic Con setingkat dengan New York Comic Con dan Star Wars Celebration.

[Gambas:Instagram]







Simak Video "Ketua Riset COVID-19: Buat Obat Itu Prosesnya Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com