Patung Pendemo Black Lives Matter Muncul di Inggris

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 15 Jul 2020 16:15 WIB
Patung Black Lives Matter
Patung pendemo Black Lives Matter muncul di pusat kota Bristol, Inggris Foto: Istimewa
Jakarta -

Setelah unjuk rasa besar-besaran karena kematian George Floyd, tiba-tiba saja muncul patung di kawasan Edward Colston, Bristol, Inggris. Kawasan itu tadinya adalah tempat patung pedagang budak Edward Colston yang dirobohkan massa.

Kini patung pengunjuk rasa bernama Jen Reid didirikan kemarin di pusat kota Bristol. Perempuan itu sebelumnya difoto berdiri setelah patung Edward Colston digulingkan.

Seniman Marc Quinn yang membuat patung pendemo Black Lives Matter. Patung berbahan resin berwarna hitam itu berjudul A Surge of Power.

Meski patungnya belum mendapatkan izin resmi dari otoritas, Marc Quinn sudah membangunnya di sana. Ia terinspirasi membuat patung Black Lives Matter karena melihat foto Reid yang berunjuk rasa dan mengangkat tinju ke atas.

"Patung ini menjaga perjalanan menuju keadilan rasial dan kesetaraan bagi siapa pun," kata Reid dilansir dari BBC, Rabu (15/7/2020).

Reid yang menjadi sosok inspirasi patung tersebut mengatakan ia tak menyangka kalau dipilih untuk dibuatkan patung.

"Ketika saya mengangkat tangan saya dalam penghormatan Black Lives Matter, itu benar-benar spontan. Saya bahkan tidak memikirkannya. Rasanya seperti muatan listrik kekuasaan mengalir melalui saya," katanya.

Pada 7 Juni 2020, pendemo Black Lives Matter menggunakan tali untuk menarik patung Edward Colston yang berada di pusat kota Bristol. Patung tersebut berdiri sejak tahun 1895.

Patungnya pun diseret ke tepi pelabuhan tempat pembuangan air di dekat jembatan Pero. Setelah dirubuhkan, dewan kota Bristol mengambil patung itu dan memajangnya di sebuah museum bersama plakat dari protes Black Lives Matter.

Seniman Marc Quinn yang mendirikan patung pendemo Black Lives Matter dikenal sebagai seniman ternama Inggris. Salah satu patungnya yang berjudul Alison Lapper Pregnant ditempatkan di Trafalgar Square.



Simak Video "Patung Black Lives Matter, Pengganti Patung Edward Colston di Bristol"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)