detikHot

art

Mural Banksy di Gerbong Kereta Dihapus Pemerintah Inggris

Rabu, 15 Jul 2020 09:55 WIB Tia Agnes - detikHot
Mural Banksy di Kereta Bawah Tanah London Mural Banksy di gerbong bawah tanah London Foto: Banksy/ Instagram
Jakarta -

Banksy kembali berulah saat pandemi COVID-19. Seniman jalanan asal Inggris itu bertingkah seperti petugas disinfeksi yang tengah melakukan tugas untuk menyemprot gerbang kereta bawah tanah di London, Inggris.

Setelah beberapa jam video diunggah di akun Instagram @banksy, otoritas London langsung menghapus mural yang ada di gerbong kereta bawah tanah.

"Pekerjaan itu (mural) telah dihapus beberapa hari yang lalu karena melanggar kebijakan anti-grafiti ketat yang ada di Transport for London," ungkap juru bicara otoritas kereta bawah tanah London, dilansir dari CNN, Rabu (15/7/2020).

Meski begitu, juru bicara Transport for London menghargai karya seni Banksy. Mereka menawarkan Banksy untuk melakukan pekerjaan baru bagi warga London di lokasi yang sesuai.

"Kami menghargai Banksy yang identitasnya tertutup dan pesan agar masyarakat selalu memakai masker wajah. Kami ingin memberikan kesempatan yang lain untuk Banksy," tulis juru bicara tersebut.

Sebelumnya, dalam video yang diunggah Banksy di akun Instagram sekitar 13 jam yang lalu, Banksy yang mengenakan penutup wajah mengenakan seragam petugas disinfeksi. Ia seakan-akan melakukan tugasnya untuk membersihkan gerbong kereta.

[Gambas:Instagram]



Tapi bukan membersihkan gerbong tapi ia membuat mural tersembunyi yang tidak diketahui petugas keamanan setempat. Ia membawa cat dan menyemprotkan dinding di dalam gerbong kereta bawah tanah.

Ia menggambar karakter tikus yang menjadi ciri khasnya yang sedang bersin dan droplet tikus menyembur sampai ke jendela kereta. Semburan tikus itu berwarna hijau.

Di gambar lainnya, Banksy juga melakukan aksi mencoret-coret di bagian pintu dan dinding stasiun. Ia menuliskan namanya dan bahaya kalau tidak memakai masker.

Mural Banksy di Kereta Bawah Tanah LondonMural Banksy di Kereta Bawah Tanah London Foto: Banksy/ Instagram

Bahkan dalam video, Banksy tampak meminta penumpang yang duduk sendirian untuk pindah ke bagian kursi lainnya. Ini bukan pertama kalinya aksi Banksy mendapatkan perhatian massa.

Sebelumnya, ia pernah mengunggah mural membakar bendera AS untuk memperingati kematian George Floyd. Banksy yang selalu misterius karyanya juga pernah masuk ke balai lelang dan terjual Rp 172 miliar dalam waktu 13 menit.




Simak Video "Italia Kembalikan Karya Seni Curian Saksi Bisu Tragedi 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com