Patung Kayu Melania Trump Dibakar, Seniman Buka Suara

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 10 Jul 2020 09:55 WIB
Mengapa patung Melania Trump di Slovenia dibakar saat hari kemerdekaan AS?
Patung kayu Melania Trump dibakar Foto: BBC World
Jakarta -

Patung kayu Melania Trump yang berada di kampung halamannya di Slovenia dirusak oknum tak dikenal. Akibat patungnya yang sudah hangus, pemerintah setempatnya akhirnya memindahkan patung kayu istri Donald Trump tersebut.

Patung kayu tersebut dibakar pada 4 Juli, tepat saat warga Amerika Serikat merayakan kemerdekaannya. Pematung Brad Downey mengucapkan duka karena hancurnya patung kayu Melania Trump.

Dilansir dari TMZ, Jumat (10/7/2020), ia tak menyangka karya yang dibuatnya akan dibakar orang. Seniman yang tinggal di Berlin, Jerman, mengatakan patungnya rusak parah dan hitam karena hangus terbakar.

"Pemerintah Slovenia pun memutuskan untuk memindahkan patung kayu Melania Trump. Saya penasaran mengapa orang membakar patung kayu tersebut," ujar Brad Downey.

Patung kayu Melania Trump dibuat pada 2017. Dipahat oleh seniman lokal Ales 'Maxi' Zupevc, patungnya diresmikan tahun lalu.

Sejak patung kayu Melania Trump didirikan, karya seni itu memicu kontroversi. Sebagian besar masyarakat Slovenia mengatakan patungnya tidak mirip dengan wajah ibu negara AS tersebut.

Beberapa warga mencap patung itu 'memalukan', mereka mengatakan patung itu lebih mirip dengan karakter Smurf, Smurfette, daripada Melania Trump.



Tapi pematung Brad Downey bersikeras karyanya sangat indah dan menampilkan sosok Melania Trump yang mengenakan mantel berwarna biru saat pelantikan presiden AS.

"Saya bisa mengerti kenapa orang berpikir bahwa patungnya gagal menampilkan gambaran sesungguhnya dari seorang Melania Trump," ujarnya.

Sejak Donald Trump menjabat pada 2017, Sevnica yang sepi telah menjadi magnet bagi turis dan wartawan yang mencari wawasan tentang masa lalu ibu negara Amerika.

Pariwisata di kawasan Sevnica pun berkembang pesat karena Melania Trump jadi ibu negara. Melania Trump, seorang model yang besar di Slovenia, ketika itu adalah bagian dari Yugoslavia, datang ke AS sebagai seorang imigran pada 1990-an.

Sebelum patung Melania Trump dibakar, ada patung kayu Trump yang juga berdiri di Slovenia dan mengalami hal sama. Patung Trump yang setinggi 8 meter dibakar oleh pelaku tak dikenal pada Januari 2020.



Simak Video "Melania Trump Masih Batuk-batuk Usai Sembuh dari Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)