detikHot

art

Koreografer Legenda Bollywood Saroj Khan Meninggal

Jumat, 03 Jul 2020 13:54 WIB Tia Agnes - detikHot
Koreografer Bollywood Saroj Khan Foto: Istimewa Koreografer legenda India Saroj Khan meninggal dunia
Jakarta -

Koreografer veteran yang juga legenda Bollywood, Saroj Khan, meninggal dunia di Mumbai. Penghormatan terakhirnya digelar di Malvani, Malad, Mumbai, kemarin.

Saroj Khan yang memenangkan penghargaan menjuarai kejuaraan nasional sebanyak 3 kali menjadi Trending Topic dunia dan dibicarakan kembali saat ini.

Putri Saroj, Sukaina Khan, mengkonfirmasi kabar duka tersebut. Ibunya mengeluh mengalami masalah pernapasan sejak lama.

Dia meninggal karena serangan jantung di ICU rumah sakit di Mumbai, India setelah sempat dirawat.



Saroj Khan bergabung di industri film India sebagai artis cilik sampai menjadi penari latar dalam film-film di dekade 1950-an.

Kemudian Saroj Khan pun menjadi asisten koreografer. Kiprahnya di dunia seni tari profesional melambung naik ketika menjadi koreografer bersama Geeta Mera Naam.

Salah satu hasil kolaborasi yang melambungkan namanya adalah ketika ia berkesempatan bekerja sama dengan aktris Bollywood senior Sridevi.

Ia berkolaborasi dengan Sridevi untuk proyek-proyek koreografi seperti Chandni dan Nagina. Bersama Sridevi dan sejumlah proyek film lainnya, Saroj Khan mulai dikenal masyarakat Indonesia.

Tapi kolaborasinya bersama Madhuri Dixit juga mengubah kariernya. Saroj Khan membuat sejumlah tarian seperti Ek Do Teen (Tezaab), Tamma Tamma Loge (Thanedaar), Hum Ko Aaj Kal Hai Intezaar (Sailaab), dan Dhak Dhak Karne Laga (Beta).



Dilansir dari indianexpress, Saroj Khan juga membuat koreografi atau tarian di film-film Bollywood lainnya. Salah satunya, adalah saat ia berkolaborasi bersama Madhuri dalam Gulaab Gang (2014).

Sepanjang karier Saroj Khan selama empat dekade, ia sukses membuat tarian sebanyak 2.000 lagu. Seniman legendaris India itu mendapat tiga penghargaan nasional untuk koreografi, di antaranya dalam film Devdas, Jab We Met, dan Sringaram (Tamil).

Koreografi terakhir yang dibuat Saroj Khan adalah film Kalank pada 2019. Kematian Saroj Khan membuat duka yang mendalam di industri film dan seni tari India.




Simak Video "Seni Unik, Tari Sintren Dewi Lanjar Pekalongan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com