detikHot

art

Museum MACAN Rilis 'Arisan Karya' Sebanyak 3 Kali di Masa COVID-19

Rabu, 06 Mei 2020 14:11 WIB Tia Agnes - detikHot
Museum MACAN Jakarta Luncurkan Gerakan Arisan Karya Foto: Museum MACAN Jakarta/ Istimewa
Jakarta -

Awal Mei, Museum MACAN Jakarta meluncurkan inisiatif terbaru yang mendukung komunitas seni bernama 'Arisan Karya'. Program yang bersifat panggilan terbuka atau open call itu digelar sebanyak 3 kali sepanjang masa pandemi COVID-19.

Direktur Museum MACAN, Aaron Seeto, menuturkan, Arisan Karya digelar sebanyak tiga periode mulai dari bulan Mei, Juni, dan Juli.

"Ronde pertama akan diselenggarakan pada 20-28 Mei 2020 di www.shop.museummacan.org. Semua karya bersifat misterius sampai hari Ungkap Karya baru terbongkar," ungkapnya dalam siaran pers yang diterima detikcom.



Inisiatif Arisan Karya membuka kesempatan untuk siapa pun membeli karya seni yang dibuat oleh perupa. Kali ini seniman yang berpartisipasi di antaranya adalah Melati Suryodarmo, Tisna Sanjaya, Saleh Husein, Agus Suwage, dan Ika Vantiani.

"COVID-19 telah berdampak sunggguh besar terhadap perupa dan budaya kita. Kami harap bahwa Arisan Karya dapat menjadi titik awal yang mendorong lebih banyak aksi positif," sambung Aaron.

Gerakan ini tidak hanya dapat memotivasi komunitas seni lokal, lanjut Aaron, juga menjadi sumber kebahagiaan untuk penikmat seni yang sedang berada di dalam rumah.



"Dalam masa seperti ini, kita semua harus menunda pengalaman fisik dalam menikmati seni. Tapi periode ini juga seharusnya memotivasi kita untuk bergerak," lanjut Aaron.

Nantinya, 70 persen dari dana yang terkumpul akan diterima oleh seniman. Sisa dana lainnya untuk memfasilitasi perupa untuk membagi ilmu dan pengalaman lewat materi online, misalnya tips berkesenian, lokakarya kreatif hingga program diskusi.




Simak Video "Mengenal Perupa Taring Padi yang Sudah Berkarya Sejak Orde Baru "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com