detikHot

art

Maudy Koesnaedi Cerita Jadi Putri Kerajaan Sunda di Teater Tari Citraresmi

Sabtu, 25 Apr 2020 15:00 WIB Tia Agnes - detikHot
Maudy Koesnaedi saat berkunjung ke kantor detikcom. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Sukses dikenal sebagai Zaenab dan None Jakarta, Maudy Koesnaedi mengenang kembali saat berperan sebagai Citraresmi. Cerita putri kerajaan Sunda itu kembali diputar streaming di situs Indonesia Kaya akhir pekan ini.

Pertunjukan teater tari 'Citraresmi' mengangkat kisah Dyah Pitaloka Citraresmi dan tragedi Perang Bubat pada Tahun 1261 tahun Saka atau 1339 M. Maudy menceritakan pertama kalinya menjadi menjadi karakter utama di panggung teater.

"Banyak yang nggak tahu aslinya adalah orang Sunda. Pas Happy Salma menawarkan pementasan untuk Citraresmi ke aku, langsung mau. Ini kan berdasarkan cerita sejarah, memang pernah terjadi di Ciamis," tutur Maudy saat Live IG bersama Indonesia Kaya, seperti didengar detikcom.

Maudy pun banyak belajar sejarah Sunda dan mengenai berbagai hal tentang kerajaan Galuh.

"Untuk bisa membawakan sosok Citraresmi saya belajar sejarahnya, ketika masa produksi yang singkat, kami sempat ziarah ke makam Citraresmi. Diceritakan juga sama orang setempat," kenang Maudy.

Pertunjukan teater tari 'Citraresmi' mengisahkan putri kerajaan Sunda bernama Citraresmi. Ia bersama rombongan kerajaan didampingi ayahnya, Prabu Linggabuana, dan ibunya Ratu Laralinsing mau melangsungkan perkawinan dengan Raja Hayam Wuruk dari Kerajaan Majapahit yang melamarnya.

Tapi sesampainya mereka di Bubat tak ada sambutan dari sang peminang, malah Patih Gajah Mada, meminta Kerajaan Galuh menyerahkan Citraresmi sebagai upeti.

Lewat program #NontonTeaterDiRumahAja, teater tari Citraresmi bisa disaksikan streaming di website www.indonesiakaya.com serta chanel YouTube Indonesia Kaya pada 25-26 April 2020 pukul 14.00 WIB.


(aay/aay)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com