detikHot

art

Penari Ingin Canangkan Hari Tari Nasional di 29 April

Rabu, 22 Apr 2020 18:03 WIB Tia Agnes - detikHot
Mimi tumus penari topeng 75 tahun asal cirebon Foto: Sudirman Wamad
Jakarta -

Setiap tanggal 29 April, masyarakat dan pencinta tari merayakan Hari Tari Sedunia. Tapi sayangnya tak ada perayaan dan penamaan sebagai Hari Tari Nasional.

Komunitas Tari Indonesia pun ingin mencanangkan adanya Hari Tari Nasional di tanggal tersebut. Hartati mewakili Komunitas Tari Indonesia mengatakan para seniman ingin mengkampanyekan perayaan yang bersifat nasional.

"Kampanye ini kami akan gaungkan dan nantinya akan mengajukan itu agar bisa tercapai Hari Tari Nasional," ujarnya saat dihubungi detikcom, Rabu (22/4/2020).



Menurut Hartati, adanya Hari Tari Nasional yang akan dicanangkan dan pagelaran virtual 'Sujud Bumi' adalah cara seniman untuk bergandengan.

"Kami concern juga sama dua hal itu, gimana caranya kita para seniman mulai bergandengan. Mudah-mudahan banyaknya program ini bisa dimulai bersama-sama, karena orang tari ternyata lebih banyak dari teater, dari komunitas dan sanggar tari," lanjutnya.

Nantinya, Komunitas Tari Indonesia yang menggandeng seniman-seniman tari lainnya bakal mengerjakan project bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dimulai 27 April sampai 1 Mei 2020 setiap pukul 15.00 WIB, ada 40 seniman yang unjuk gigi di YouTube @budayasaya.




Simak Video "Seniman Solo Ngamen Online, Hibur Warganet Kala Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/imk)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com