detikHot

art

Keren! 11 Lukisan Srihadi Soedarsono Jadi Karya Instalasi Video Art

Kamis, 12 Mar 2020 16:41 WIB Tia Agnes - detikHot
Pameran Tunggal Srihadi Soedarsono Foto: Tia Agnes/detikHOT
Jakarta -

Bagaimana kalau belasan lukisan Srihadi Soedarsono diinterpretasi menjadi karya instalasi video art? Interpretasi tersebut dibuat oleh seniman Eldwin Pradipta dan Way Arifian.

Seniman asal Bandung itu mengatakan dari 11 lukisan, ia memilih karya-karya yang menjadi perwakilan dari empat babak pameran 'Man x Universe'.

"Diambil yang memiliki perpaduan warna, bentuk besar - kecil, ada juga soal horison, cityscape, dipilih perwakilan karya yang diolah lagi menjadi karya instalasi," kata Eldwin ketika diwawancarai detikcom, Rabu (11/3).



Proses pembuatan karya yang berada di ruangan kontemporer itu membutuhkan sebulan waktu penggarapan. Interpretasi itu merupakan medium baru bagi karya Srihadi.

"Dari hasil diskusi dengan kurator, beberapa pembabakan karya Srihadi, secara visual dan teknis akhirnya jadi instalasi ini," kata Eldwin.

Setiap lukisan yang dijadikan video art berdurasi 1,5 menit, dengan total karya 20 menit. Menurut Eldwin, sosok pelukis senior Srihadi Soedarsono adalah seniman terpenting saat ini.

"Saya melihat dari konsistensinya, karya-karyanya, dan nggak cuma soal pencapaian visual. Kritik sosial dalam lukisan-lukisannya dan konsistensinya sejak dahulu sudah luar biasa," pungkasnya.

Karya instalasi video art bisa dilihat di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia, sampai 9 April 2020.




Simak Video "Wah! Ada Festival Seni di Terminal Merak-Bakaheuni"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com