detikHot

art

Tunggu Aksi 12 Jam Melati Suryodarmo di Museum MACAN Besok!

Jumat, 28 Feb 2020 12:41 WIB Tia Agnes - detikHot
Pameran tunggal Melati Suryodarmo di Museum MACAN. Foto: Pameran tunggal Melati Suryodarmo di Museum MACAN. (Anisa Fitria)
Jakarta -

Mulai hari ini, Museum MACAN Jakarta membuka dua pameran besar untuk umum. Mengawali tahun 2020, seniman performans Melati Suryodarmo akan unjuk gigi di museum yang terletak di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Khusus untuk 29 Februari 2020, Museum MACAN akan buka lebih pagi dan tutup lebih malam. Melati bakal menggelar performans selama 12 jam atau mulai pukul 09.00 sampai 21.00 WIB.

"Jadilah saksi dari kesempatan langka, di mana Melati Suryodarmo melalui tantangan fisik dan psikologis yang luar biasa untuk menampilkan karya "I'm a Ghost in My Own House" (2012) yang berdurasi 12 jam (09.00 - 21.00)," tulis Museum MACAN Jakarta.



Melati mengatakan performans selama 12 jam merupakan sebuah proses.

"Saya memberi ruang dalam sebuah proses, untuk menekankan ada energi yang bergerak. Ada pesan yang disampaikan oleh tubuh," kata Melati saat temu media di Museum MACAN, Jakarta Barat.

Lewat pameran tunggal berjudul 'Why Let the Chicken Run?', Melati menampilkan karya-karya penting dari praktik berkesenian selama lebih dari 20 tahun. Termasuk 12 performans yang berdurasi antara 15 menit hingga 12 jam.

Dalam periode 13 minggu, beberapa karya sang seniman yang paling menantang dan membuatnya dikenal. Serta artefak dari performans sebelumnya, karya foto hingga dokumentasi video yang bersifat historis akan ditampilkan.



Pameran ini akan membuka dialog tentang tubuh, memori, dan penjelajahan mendalam tentang makna menjadi manusia.

Bersamaan dengan pameran Melati Suryodarmo, Museum MACAN juga akan menampilkan pameran tunggal Julian Rosefeldt berjudul 'Manifesto'. Yakni karya instalasi multimedia dengan 13 layar dan menampilkan aktor pemenang penghargaan Oscar, Cate Blanchett, dalam 13 peran yang berbeda.




Simak Video "Mengenal Perupa Taring Padi yang Sudah Berkarya Sejak Orde Baru "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com