detikHot

art

Pernah Diprotes, Gambar Erotis Andy Warhol Kini Dipajang di London

Senin, 17 Feb 2020 13:18 WIB Tia Agnes - detikHot
PARIS, FRANCE - MAY 15:  A visitor looks at a sculpture showing a portait of Andy Warhol made with Lego bricks by US artist Nathan Sawaya during the exhibition The Art of The Brick on May 15, 2015, in Paris, France. Nathan Sawayas exhibition takes place from May 14 to August 30, 2015.  (Photo by Thierry Chesnot/Getty Images) Foto: Thierry Chesnot/Getty Images
Jakarta -

Puluhan gambar erotis dan vulgar karya seniman Andy Warhol dipajang untuk pertama kalinya. Belum pernah diterbitkan sebelumnya, gambar-gambar penuh tema cinta, seks, dan passion berasal dari tahun 1950-an.

Pada 1950an, Andy Warhol mencoba memamerkan gambarnya di New York tapi mendapatkan protes. Karya-karya pencetus gerakan pop art di AS itu dicap menyebarkan unsur homofobik atau perasaan negatif terhadap homoseksualitas atau LBGT.

Banyak pemilik galeri yang mengklaim karya-karya Warhol sama sekali tak pantas. Karya itu pun kembali masuk gudang.



Puluhan tahun berlalu, Andy Warhol Foundation mencoba memamerkan hasil karya itu untuk pertama kalinya di hadapan publik. Michael Dayton Hermann, mengaku terpesona oleh gambar-gambar tersebut. Bahkan dari karya tersebut Warhol terlihat sangat obsesif.

"Gambar Andy Warhol sangat rentan dan emosional dengan cara yang tidak dimiliki oleh kamera, dan sering kali kamu tidak melihat kalau ini adalah karya Warhol," ungkapnya lagi.

Selain gambar erotis yang digambar Warhol, ada 20 gambar lainnya yang bakal dipajang di Tate Modern, London. Pameran bakal dibuka Maret 2020.




Simak Video "Mencicipi Restoran Favorit Andy Warhol di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/imk)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com