Darurat Corona, Art Central Hong Kong Juga Batal Digelar

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 07 Feb 2020 10:10 WIB
Art Central Hong Kong 2019
Foto: Art Central/ Istimewa
Jakarta -

Tak hanya Art Basel Hong Kong 2020 yang mengumumkan batal digelar tahun ini. Menyebarnya virus novel coronavirus, Art Central Hong Kong membatalkan penyelenggaran pada 18-22 Maret 2020.

Art Central telah membuat pertimbangan yang cermat dan evaluasi menyeluruh untuk keputusan tahun ini. Mereka mengumumkan ketidakpastian keamanan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat menjadi alasan utama.

Saat siaran pers pembatalan disebarkan, lebih dari 80 galeri mancanegara akan mengikuti Art Central 2020. Termasuk puluhan program seni publik, diskusi, dan performance art yang menjadi ciri khas dari Art Central.



Juru bicara Art Central mengatakan keputusan untuk membatalkan bukan keputusan yang mudah. "Virus corona menjadi tantangan bagi kami untuk menjamin acara yang sukses untuk mitra galeri mengingat kondisi yang menimpa China dan sekitarnya," katanya dalam siaran pers yang diterima detikcom, Jumat (7/2/2020).

Dalam masa yang sulit, Art Central ingin menyampaikan dukungan pada pemerintah Hong Kong, galeri seni, dan seniman yang telah berkontribusi menjadikan Hong Kong sebagai pusat seni Asia.

Setiap bulan Maret, otoritas Hong Kong menyelenggarakan Hong Kong Art Week dan membuat berbagai event seni berskala internasional. Di antaranya adalah Art Basel, Art Central, dan puluhan program seni publik lainnya.

Tahun lalu, Art Central sukses mendatangkan lebih dari 37 ribu pengunjung. Penyelenggaraan Art Central kembali digelar pada 2021, tanggal pun segera diumumkan.



Simak Video "Intip Aksi Seniman Yogyakarta di Art Central Hong Kong"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)