Kenangan Bersejarah Graha Bhakti Budaya yang Dibongkar Demi Revitalisasi TIM

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 06 Feb 2020 15:30 WIB
2.

Teater Koma Sesalkan Graha Bhakti Budaya Dibongkar

Kenangan Bersejarah Graha Bhakti Budaya yang Dibongkar Demi Revitalisasi TIM
Foto: Pradita Utama

Teater Koma juga konsisten menggelar pertunjukan dua kali selama setahun yakni di Graha Bhakti Budaya dan Gedung Kesenian Jakarta secara bergantian. Akibat revitalissi TIM, pendiri Teater Koma, Nano Riantiarno, sempat mengeluhkan tak bisa menyewa lokasi pertunjukan lagi dengan harga terjangkau.

"Kami bisa nggak produksi selama dua tahun karena revitalisasi TIM. Soal itu (Graha Bhakti Budaya) seniman jadinya harus sewa tempat di mana? Nggak ada yang murah lagi," ujar Nano ditemui di Sanggar Teater Koma, belum lama ini.



Pimpinan produksi Teater Koma, Ratna Riantiarno, juga menyayangkan revitalisasi TIM berdampak pada seniman. Ia menuturkan memang masih ada satu gedung pertunjukan lagi yang bisa disewa di Jakarta.

"Tapi itu milik swasta dan mahal sekali sewa per hari. Teater Koma kan pentas bukan satu atau dua hari tapi selalu 11 hari paling lama. Gedung lain ada katanya dekat Halim atau di Kemayoran, tapi itu maksa banget kan karena peruntukkannya bukan untuk gedung pertunjukan. Sedih sebetulnya soal ini," tutur Ratna.

Kini proses revitalisasi TIM mencapai tahap kedua. Beberapa gedung sudah mulai dibongkar hari ini, yang terbaru adalah Graha Bhakti Budaya dan Galeri Cipta I.

(tia/imk)