Nantikan 2 Pameran Besar Museum MACAN Bulan Ini!

Tia Agnes - detikHot
Senin, 03 Feb 2020 15:01 WIB
Museum MACAN
Foto: (dok.Museum MACAN)
Jakarta -

Museum MACAN mempersembahkan dua pameran besar yang digelar akhir bulan ini. Siap menyambut pameran seni spektakuler sepanjang tahun 2020?

Ada dua pameran seni yang digelar sesuai momentum akhir bulan Februari. Seniman performans, Melati Suryodarmo, bakal menghadirkan karya tunggalnya yang diberi judul 'Why Let the Chicken Run?' dan pameran seni 'Manifesto' karya Julian Rosefeldt.

Kedua pameran dibuka untuk umum pada 28 Februari dan berlangsung sampai 31 Mei 2020.



"Jadilah yang pertama untuk menyaksikan karya-karya legendaris Melati Suryodarmo dan Julian Rosefeldt yang sebagian besar baru pertama kali ditampilkan di Indonesia!" tulis Museum MACAN dalam siaran pers yang diterima detikcom, Senin (3/2/2020).

Di eksibisi 'Why Let the Chicken Run?' ada 20 karya penting termasuk performans terjadwal dari sang seniman, karya fotografi, video sampai dokumen bersejarah. Untuk pameran seni 'Manifesto' ada instalasi multimedia 13 kanal.

Nantikan 2 Pameran Besar Museum MACAN Bulan Ini!Nantikan 2 Pameran Besar Museum MACAN Bulan Ini! Foto: Museum MACAN Jakarta



'Manifesto' adalah karya yang diciptakan oleh perupa dan pembuat film yang tinggal di Berlin.



"Manifesto adalah sebuah bentuk penghormatan kepada tradisi dan keindahan sastrawi dari manifesto-manifesto yang telah dibuat oleh para perupa," tulis Museum MACAN.

Julian Rosefeldt menyunting dan menyusun kembali manifesto-manifesto menjadi 13 kolase teks yang melahirkan 13 monolog. Aktris Cat Blanchett yang memerankan 13 monolog tersebut.

Selain dua pameran tersebut, awal Juli seniman Agus Suwage menggelar pameran tunggal sejak tahun 1980-an sampai sekarang. Di penghujung 2020, Museum MACAN menghadirkan karya-karya dari perupa Jepang, Chiharu Shiota.



Simak Video "Museum Macan, Mengenang Masa Kecil Dengan Permainan Tradisional Masa Lalu, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)