detikHot

art

Ekspresi Anak Berkebutuhan Khusus dalam Bidang Seni Rupa

Senin, 09 Des 2019 10:22 WIB Arbi Anugrah - detikHot
Halaman 1 dari 3
Ekspresi Anak Berkebutuhan Khusus dalam Bidang Seni Rupa Foto: Arbi Anugrah/ detikcom
Purwokerto - Memperingati Hari Relawan pada 5 Desember sekaligus Hari Disabilitas Internasional pada 3 Desember, belasan anak-anak berkebutuhan khusus menuangkan ekspresinya dalam sebuah lukisan.

Kegiatan yang mengambil tema Special Needs Art Festival 2019 dengan pameran lukisan dari anak anak berkebutuhan khusus. Mengusung tema 'Sebelah Mata: Melawan Keterbatasan, Menembus Batas Impian', festival digelar oleh Sekolah 7 Langit bersama komunitas Guru Senang Sinau dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

Menurut koordinator acara sekaligus Co Founder komunitas Guru Senang Sinau, Demas Adi Wicaksono, mengatakan jika tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memfasilitasi anak-anak berkebutuhan khusus dalam bidang seni rupa.


Ekspresi Anak Berkebutuhan Khusus dalam Bidang Seni RupaFoto: Arbi Anugrah/ detikcom


"Tujuannya kita ingin memfasilitasi anak yang mempunyai bakat dari bidang seni rupa terutama dari anak-anak berkebutuhan khusus untuk mereka bisa mengekspresikan dirinya di bidang seni rupa," kata Dimas kepada wartawan, saat menggelar acara tersebut di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Selain itu, pihaknya ingin memberikan edukasi kepada masyarakat, guru dan orang tua, bahwa anak-anak berkebutuhan khusus itu punya potensi yang bisa dikembangkan secara maksimal.

"Kita tidak memandang sebelah mata anak anak berkebutuhan khusus. Tapi mereka punya prestasi yang luar biasa jika digali dan orang orang memahami potensinya," ujarnya.

Untuk menyalurkan bakat dari anak anak tersebut, pihaknya hanya memfasilitasi berupa media kanvas, kuas dan cat warna. Tema lukisan sendiri semua diserahkan kepada anak anak berkebutuhan khusus dalam imajinasinya sendiri.

(arb/tia)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com