detikHot

art

20 Tahun Berkarya andramatin Dirayakan Lewat Pameran Arsitektur 'Prihal'

Rabu, 27 Nov 2019 17:39 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes
Jakarta - Merayakan 20 tahun berkarya, Galeri Nasional Indonesia dan studio arsitektur andramatin menggelar pameran 'Prihal'. Perjalanan berkarya andramatin sebagai studio perancangan yang didirikan dan dikepalai oleh Isandra Matin Ahmad atau Andra Matin didirikan sejak tahun 1998.

Di pameran 'Prihal', pengunjung yang masuk akan mendapatkan fasad Galeri Nasional Indonesia yang berbeda. Ada 8 bagian yang dibagi dan setengahnya adalah karya arsitektur andramatin dan belum pernah diperlihatkan ke hadapan publik.

Andra Matin menuturkan suka duka 20 tahun berkarya yang tak terbilang mudah. "20 tahun bukan hal yang sebentar. Waktu awal keluar dari kantor lama, mengerjakan renovasi rumah-rumah atau kantor yang bukan dari 0. Tapi saya belajar sesuatu yang baru," tutur Andra Matin ketika jumpa pers di kawasan Jalan S Parman, Jakarta Barat, Rabu (27/11/2019).

20 Tahun Berkarya andramatin Dirayakan Lewat Pameran Arsitektur 'Prihal' Foto: Tia Agnes
Di 5 tahun pertama berdirinya andramatin, ia mengaku susah payah berjalan. Ketika mencapai tahun ke-10 dan seterusnya, andramatin mulai membawa estetika dalam karya.

"Sepanjang 20 tahun berkarya, nggak banyak yang tahu di balik itu, orang melihat dari hasil saja. Ada yang gagal dan jadinya jelek. Yang nggak pernah diungkap untuk melihat kenyataan di balik dunia arsitektur," lanjut pria yang akrab disapa Aang.




Di dunia arsitektur, Andra Matin dikenal sebagai penggerak utama dari kelompok Arsitek Muda Indonesia (IMA) yang menyuarakan gagasan progresif tentang arsitektur Indonesia sejak tahun 1989. Karya-karyanya pun berpengaruh sampai mendapat penghargaan Honorable Mention di Venice Architecture Biennale 2018 dan Aga Khan Award shortlist tahun ini.

Sejak dua dekade yang lalu, andramatin juga mendapatkan berbagai penghargaan nasional maupun internasional. Beberapa di antaranya adalah Ikatan Arsitek Indonesia pada 1999, 2002, 2006, dan 2011.

20 Tahun Berkarya andramatin Dirayakan Lewat Pameran Arsitektur 'Prihal' Foto: Tia Agnes
Kurator pameran Danny Wicaksono, menuturkan pameran 'Prihal' ingin memperlihatkan sesuatu yang tak pernah dilihat. "Selama beberapa tahun terakhir, pengaruh yang dimiliki Mas Aang (Andra Matin) ke koleganya tidak bisa dipinggirkan begitu saja. Ada banyak orang yang menyebut nama beliau dan dirasakan sekali," tuturnya.

Pameran 'Prihal: arsitektur andramatin' dibuka malam ini pada Rabu (27/11/2019) di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia. Eksibisi berlangsung pada 27 November hingga 11 Desember 2019.


Simak Video "Yuk! Lihat Pameran Sketsa 'ReKreasi Garis'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com