detikHot

Review

Melihat Jejak Luar Dalam Butet Kartaredjasa dan Widiyatno

Jumat, 22 Nov 2019 18:51 WIB Tia Agnes - detikHot
Halaman 1 dari 2
Melihat Jejak Luar Dalam Butet Kartaredjasa dan Widiyatno Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Bukan Butet Kartaredjasa namanya kalau tidak menghadirkan karya-karya yang nyeleneh sekaligus penuh makna. Dalam pameran bersama pelukis Widiyatno, Butet menghadirkan banyak simbol yang merespons kejadian di sekitarnya.

Butet dinilai mampu menghadirkan lanskap dalam yang tersembunyi di alam pikiran dan batin. Ada banyak dunia batin yang berhasil divisualkan Butet ke karya-karyanya.

Kalau berada berada di kawasan Menteng, mampirlah ke Tugu Kunstkring Paleis. Dari pintu masuk, di sebelah kiri terdapat puluhan karya cat air Butet. Ada simbol Salib yang dipenuhi teks 'jenas' sebagai bentuk respons pada isu penceramah agama yang ujarannya penuh kebencian.



Ada juga Yesus yang digambarkan dengan warna cat air hitam dan oranye. Di karya lainnya, seseorang tampak berkacak pinggang dan salah satu kaki berada di atas kepala orang lain.

Melihat Jejak Luar Dalam Butet Kartaredjasa dan WidiyatnoFoto: Tia Agnes/ detikHOT


Ada ekspresi bengis seorang perempuan yang dari mulutnya keluar ular-ular berbisa atau burung suci yang garisnya tampak tak beraturan.

Dalam mencipta karya Butet tak pernah merencanakan. Ia mengaku selalu spontan ketika ide itu mengalir.

"Saya tidak pernah mencari inspirasi, melukis dengan improvisasi. Spontan saja," kata Butet.

Salah satu lukisan cat air yang sukses membuatnya terkagum sendiri adalah 'Atas Nama Demo' dan 'Murahnya Kehormatan'. "Tiba-tiba saja jadi, sebentar, kok keren banget ya menurut saya. Nggak ada artinya dan menurut saya ini suatu pencapaian," ucap seniman yang tinggal di Yogyakarta.

(tia/dar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com