detikHot

art

Pak Anies.. Teater Koma Bingung Sewa Gedung Gegara Revitalisasi TIM

Rabu, 30 Okt 2019 10:58 WIB Tia Agnes - detikHot
Halaman 1 dari 2
Pak Anies.. Teater Koma Bingung Sewa Gedung Gegara Revitalisasi TIM Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Teater Koma segera menggelar pertunjukan 'J.J Sampah-sampah Kota' pada 8-17 November 2019 di Graha Bhakti Budaya, TIM. Tapi sayangnya sampai dua tahun berikutnya, produksi-produksi Teater Koma terancam gagal pentas karena program Pemprov DKI soal revitalisasi TIM.

Pendiri Teater Koma, Nano Riantiarno, mengeluhkan mengenai revitalisasi TIM yang bisa merugikan para seniman. Selama proses pembangunan, seniman tidak punya 'ruang' lainnya untuk mengekspresikan karya-karyanya.

"Kami bisa nggak produksi selama dua tahun karena revitalisasi TIM. Soal itu seniman jadinya harus sewa tempat di mana, nggak ada yang murah lagi," ujar Nano ditemui di Sanggar Teater Koma.



Setiap tahun, Teater Koma kerap menggelar pertunjukan sebanyak dua sampai tiga produksi. Serta digelar di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) dan Graha Bhakti Budaya (GBB) secara bergantingan.

"Saya mau ketemu Anies mau pertanyakan hal itu, karena kan sekarang sudah dipagar-pagarin. Sesudah itu GBB mau direnovasi, nggak tahu dirubuhkan atau apa. DKJ gimana juga nasibnya, kita itu nggak ngerti," tutur Nano.

Ia kembali melanjutkan, "Sekarang ini seniman nggak akan punya tempat latihan. Misalnya Teater Anak Jose Rizal itu kan selama ini latihan depan GBB, yang komunitas tari mau di mana."
(tia/doc)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com