detikHot

art

Robot Berdiri di Depan Galeri Nasional Indonesia, Pengin Lihat?

Kamis, 24 Okt 2019 12:41 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikHOT Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Tampilan depan Galeri Nasional Indonesia (GNI) tampak berbeda dari biasanya. Ada robot yang berdiri tegak berkaki empat terpampang. Tertarik lihat?

Robot berjudul 'X-SPIDER PUNX' itu bukan sembarangan robot. Pengunjung festival seni media internasional 2019 yang mengusung tema 'Instrumenta 2: Machine/Magic', akan dikagetkan dengan karya robot ciptaan seniman Dwiky KA.

Robot yang dikendalikan oleh balita jenius itu terinspirasi karakter dalam novel 'Getaran' karya Djoko Lelono. Kurator pameran, Gesyada Siregar, menuturkan sang seniman yang membuat robot tersebut memang tertarik dengan segala hal fiksi ilmiah.



"Dia terinspirasi dari novel Djoko Lelono. Dwiky KA seorang seniman, ilustrator, dan musisi. Karya-karyanya selalu menghibridkan cergam klasik Indonesia dan spirit musik-musik underground. Tapi Dwiky KA juga gemar dengan sains fiction," tutur Gesyada di Gedung A Galeri Nasional Indonesia, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).

Robot Berdiri di Depan Galeri Nasional Indonesia, Pengin Lihat? Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Dwiky membayangkan semakin banyak teknologi untuk memfasilitasi manusia, maka akan semakin jenius bayi.

"Seperti dampak untuk masa depan. Itulah yang dideskripsikan Dwiky KA dalam karyanya di depan Galeri Nasional Indonesia," katanya lagi.

Karya Dwiky KA dan 27 seniman lainnya masih bisa dilihat hingga 19 November 2019 di Gedung A dan D, Galeri Nasional Indonesia.






Simak Video "Yuk! Lihat Pameran Sketsa 'ReKreasi Garis'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com