detikHot

art

Wow! Dari Rp 35,1 M, Lukisan 'Primata' Banksy Terjual Rp 172 M

Jumat, 04 Okt 2019 10:40 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banksy menunjukkan taringnya di pelelangan lukisan 'primata' dengan angka penjualan mencapai Rp 172 miliar, dari angka prediksi awal Rp 35,1 miliar. Lukisan itu menjadi rekor bagi karya seniman jalanan Inggris yang identitasnya dirahasiakan selama ini.

Lukisan 'Devolved Parliament' menggambarkan puluhan simpanse duduk menggantikan politisi di Parlemen Inggris. Balai Lelang Sotheby London menjual lukisan Banksy kemarin.

Dilansir dari Reuters, Sotheby London menyatakan sejarah sedang dibuat selama masa penjualan berlangsung. Lukisan pun dilelang hanya sekitar 13 menit.



"Harga rekor untuk lukisan Banksy selama masa pelelangan malam ini. Memalukan saya tidak pernah punya," tulis Banksy di akun Instagram, seperti dikutip detikcom, Jumat (4/10).

Sebelum penjualan, catatan lelang untuk karya Banksy di Sotheby New York pada 2008 terjual lukisan berjudul 'Keep It Spotless' dengan angka Rp 26,4 miliar. Lukisan 'Devolved Parliament' memiliki panjang 4 meter dan menjadikan sebagai lukisan terbesar yang pernah dibuat Banksy.

Meski dilukis pada 2009, banyak kritikus seni yang menghubungkan karya Banksy dengan kondisi Inggris saat ini. Khususnya isu kepergian Inggris dari Uni Eropa atau Brexit.




Simak Video "Mural Brexit Karya Banksy Viral di Sosial Media"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com