detikHot

art

Ada-ada Saja! Banksy Tiba-tiba Buka Toko Pop-up Khusus Karya Seninya

Kamis, 03 Okt 2019 15:45 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Seniman jalanan Banksy selalu tampil dengan aksi menghebohkan. Tak pernah menunjukkan wajah dan identitas pada awak media dan publik, kini Banksy membuka toko pop-up yang memajang karya-karya seninya.

Toko pop-up yang berada di Croydon, London, itu bakal bisa dinikmati selama dua minggu. Toko bernama Produk Domestik Bruto Banksy menjual toko peralatan rumah tangga dan berfungsi juga untuk memamerkan karya-karya sang seniman.

Ada karpet Tony the Tiger, rompi Union Jack yang digunakan rapper Inggris Stormy di Glastonbury, sampai certakan yang terinspirasi dari karya Basquiat. Potongan karya stensil dari Walled Off Hotel yang ada di Bethlehem pun dijual.



"Saya membuka toko hari ini (meskipun pintu tidak benar-benar terbuka). Itu di Croydon, mungkin terbaik kalau dilihat di malam hari," tulis Banksy di akun Instagram, seperti dilihat detikcom, Kamis (3/10/2019).

Lukisan fenomenal Banksy 'Love is in the Bin' sebelumnya terjual Rp 20 miliar dan menjadi karya termahal yang pernah dijual. Banksy pun selama ini menuturkan karya yang diciptakannya sebagai hiburan.

"Saya masih mendorong siapa pun untuk menyalin, meminjam, mencuri, dan mengubah karya seni saya untuk hiburan, penelitian akademis atau aktivisme. Saya hanya tidak ingin mendapatkan hak cipta tunggal atas nama saya," tukas sang seniman.



[Gambas:Instagram]




Simak Video "Mural Brexit Karya Banksy Viral di Sosial Media"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com