detikHot

art

Ada Mesin Ketik Kesayangan Pramoedya Ananta Toer di 'Jejak Langkah Pram'

Kamis, 08 Agu 2019 15:56 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikHOT Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Menyambut penayangan film 'Bumi Manusia' dan 'Perburuan', Falcon Pictures menggelar pameran arsip 'Jejak Langkah Pram'. Di antara benda peninggalan sastrawan kelahiran Blora, ada satu memorabilia kesayangan Pramoedya Ananta Toer.

Di salah satu sudut ruang pamer 'Jejak Langkah Pram', ada mesin ketik kesayangan Pram.

"Ini mesin ketik kesayangan Pak Pram. Jadi di rumah pribadi Pak Pram di kamarnya ada mesin ketik di ruang kerjanya juga ada mesin ketik. Ini salah satu kesayangan milik Pak Pram," ujar kurator pameran, Engel Tanzil, saat ditemui di RBoJ Coffee, kawasan Buncit, Jakarta Selatan, belum lama ini.



Mesin ketik menjadi benda bersejarah bagi Pram. Tanpa mesin ketik, karya-karya Pram tak akan bisa menyapa pembaca Tanah Air dan dunia hingga dikenal sampai sekarang.

Menurut Engel, kalau bukan karena novel 'Bumi Manusia' yang menjadi pembuka dari 'Tetralogi Buru', generasi milenial sekarang tak akan kembali menggali karya Pram.

"Bangsa Indonesia punya kesempatan yang luar bisa memiliki seorang Pramoedya Ananta Toer. Keberanian Pak Pram untuk menulis dan gimana masih tetap berkarya dalam kondisi yang susah, itu yang harus kita apresiasi. Karyanya butuh perjuangan," kata Engel.

Pameran 'Jejak Langkah Pram' masih berlangsung hingga 31 Agustus 2019 di RBoJ Coffee, Jakarta Selatan.




Simak Video "Pemain 'Bumi Manusia' Sowan ke Sri Sultan Hamengkubuwono X"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed