detikHot

art

Misteri Lukisan S.Sudjojono Perdana Diperlihatkan ke Publik

Jumat, 02 Agu 2019 15:41 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikHOT Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Lukisan maestro seni lukis S.Sudjojono perdana diperlihatkan ke hadapan publik lewat pameran seni rupa koleksi nasional. Lukisan 'Aku Cinta Padamu Tanah Airku' merupakan saksi bisu dari sejarah Indonesia.

Kurator pameran seni rupa koleksi nasional Rizki A Zaelani menuturkan awalnya lukisan yang selesai tahun 1966 itu dimiliki oleh Adam Malik. "Lalu diserahkan ke Kemenlu ketika Pak Adam Malik jadi menterinya," ujar Rizki ketika ditemui di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia.

Setelah melalui diskusi bersama tim kurator, lukisan diketahui dibuat ketika masa Perang Revolusi di Yogyakarta sekitar tahun 1950-an. Lokasi latar lukisan diprediksi berada di Gunung Kidul.



Lukisannya pun disebut baru pertama kali dipajang setelah lama tersimpan di Gedung Pancasila milik Kementerian Luar Negeri. "Ini baru pertama dipajang nih," lanjutnya.

Misteri Lukisan S.Sudjojono Perdana Diperlihatkan ke PublikFoto: Galeri Nasional Indonesia (Tia Agnes/detikHOT)


Namun yang menjadi misteri dari 'Aku Cinta Padamu Tanah Airku' adalah sosok yang berada di dalam lukisan. Anak tersebut entah senang, sedih, atau galau.

"Senang atau bimbang yah. Ini lukisan yang menarik seperti memunculkan pertanyaan apakah kejadiannya setelah merdeka atau apa," lanjutnya.

Di pameran seni rupa koleksi nasional 'Lini Transisi', selain lukisan tersebut ada karya sang maestro lainnya. Yakni lukisan reproduksi 'Penyerangan Pasukan Mataram ke Batavia Tahun 1628-1629' dan berada di bagian depan bangunan.

Eksibisi 'Lini Transisi' berlangsung pada 2-31 Agustus 2019. Yuk, ke Galeri Nasional Indonesia!




Simak Video "Yuk! Lihat Pameran Sketsa 'ReKreasi Garis'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed