detikHot

art

Balerina Indonesia Kian Dikenal Dunia Berkat IDCO

Selasa, 09 Jul 2019 15:45 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Indonesia Dance Company (Tia Agnes Astuti/detikHOT) Foto: Indonesia Dance Company (Tia Agnes Astuti/detikHOT)
Jakarta - Sebelum tahun 2016, balerina-balerina Indonesia yang mengikuti kompetisi internasional hanya segelintir saja. Namun sejak berdirinya Indonesia Dance Company (IDCO), satu per satu penari balet Tanah Air kian dikenal dunia dan mendapat pengakuan.

Pendiri sekaligus Direktur Artistik IDCO, Claresta Alim, menuturkan awal prestasi dari balerina yang tergabung di IDCO dimulai dari memenangkan kompetisi di Hong Kong.

"Dari Hong Kong, satu per satu menang kejuaraan di negara-negara lainnya. Contohnya Rebecca Alexandria yang menampilkan tarian yang ada sentuhan Bali di New York, ia dua kali menang kompetisi di AS," ujar Claresta.


sejak berdirinya Indonesia Dance Company (IDCO), satu per satu penari balet Tanah Air kian dikenal dunia dan mendapat pengakuan internasional.sejak berdirinya Indonesia Dance Company (IDCO), satu per satu penari balet Tanah Air kian dikenal dunia dan mendapat pengakuan internasional. Foto: Indonesia Dance Company (Tia Agnes Astuti/detikHOT)


Balerina yang berada di bawah naungan IDCO yang memenangkan kompetisi internasional di antaranya adalah Rebecca Alexandria. Baru-baru ini ia meraih emas untuk kedua kalinya dalam American Grand Prix New York. Serta memenangkan kategori pre-competitive untuk usia junior.

Michael Halim yang juga koreografer muda baru saja mendapat beasiswa penuh untuk menghadiri workship HOFESH SCHECTER dengan STRUT Dance di Perth. Bersama Siti Soraya dari IDCO, keduanya merasakan pengalaman belajar bersama balerina profesional lainnya.

Pengalaman mendirikan IDCO menurut Claresta Alim berbekal pengalamannya ketika masih belajar balet dan bekerja di AS. Di sana, generasi ketiga dari Marlupi Sijangga ini melihat pertunjukan balet menjadi konsumsi seperti menonton bioskop.

"Ketika saya pulang dan mencoba membangun IDCO bangsa Indonesia belum bisa menghargai keseniannya sendiri dan belum biasa menonton pertunjukan balet sama seperti menonton ke bioskop," katanya.





Tonton Video Berikan Dukungan ke Anak, Sang Ayah Rela Nari Balet di Panggung:

[Gambas:Video 20detik]

Balerina Indonesia Kian Dikenal Dunia Berkat IDCO



Simak Video "Merasa Punya Bukti Akurat, Nikita Mirzani Santai Jadi Tersangka KDRT"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed