detikHot

art

IDCO Kolaborasi dengan Ananda Sukarlan di Tarian 'Malin Kundang'

Selasa, 09 Jul 2019 14:50 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Indonesia Dance Company (Tia Agnes Astuti/detikHOT) Foto: Indonesia Dance Company (Tia Agnes Astuti/detikHOT)
Jakarta - Di pertunjukan terbaru Indonesia Dance Company (IDCO) 'Untukmu Indonesiaku' yang digelar September, ada nama komposer Ananda Sukarlan. Dia terlibat dalam penggarapan musik di tarian 'Malin Kundang'.

Tarian yang terinspirasi dari cerita rakyat Malin Kundang itu sejak awal memang membuat Ananda Sukarlan tertarik. Dia menuturkan karya musiknya selalu menghadirkan elemen budaya Indonesia.

"Saya baru pertama melihat cuplikan tariannya tadi. Sangat menjanjikan sekali lihat koreografinya, saya sebagai komposer yang biasa berkarier di luar negeri, elemen budaya Indonesia wajib ada di karya-karya saya," tuturnya ketika jumpa pers di Galeri Indonesia Kaya, Selasa (9/7/2019).

"Kita punya banyak sekali kekayaan budaya, untuk tarian Malin Kundang ini ada beberapa bagian musik yang saya ambil dari lagu 'Gelang Sipaku Gelang'. Elemennya dipakai tapi saya kemas lagi," lanjutnya.


Kemasan lagu anak itu, diakui Ananda, dibalut dengan komposisi musik lainnya. Dia pun memprosesnya menjadi material musik yang indah.

"Ide saya ini klop dengan IDCO, visi kami klop. Gimana mengemas pertunjukan ini agar bisa berkomunikasi dengan dunia internasional. Dengan teknik dan bahasa yang bisa dimengerti dunia internasional," tukasnya.

Pertunjukan 'Untukmu Indonesiaku' bakal berlangsung di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), kawasan Pasar Baru selama 3 hari berturut-turut. Yakni 27 hingga 29 September 2019.




Simak Video "Halsey: BTS Layak Mendapat Banyak Nominasi Grammy Awards"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com