detikHot

art

Gandeng Galeri Seni Bergengsi hingga Baru, Art Jakarta 2019 Lebih Selektif

Selasa, 02 Jul 2019 18:15 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes Foto: Tia Agnes
Jakarta - Art Jakarta kembali hadir tahun ini pada 30 Agustus sampai 1 September 2019 di Jakarta Convention Center (JCC). Ada 70 galeri seni Indonesia dan Asia Pasifik yang memeriahkan ajang seni rupa yang diselenggarakan ke-11 kalinya tersebut.

Sebanyak 30 galeri seni lokal menjadi prioritas utama di Art Jakarta 2019. Direktur Pameran Tom Tandio menuturkan pihaknya memang mendahulukan galeri seni Indonesia.

"Di bulan pertama pembukaan apply galeri, kami dahulukan ke galeri-galeri seni Indonesia dulu ke galeri seni Asia Pasifik," ujarnya saat ditemui media di Artotel Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2019).

Untuk menyeleksinya pun, Tom Tandia bersama tim Art Jakarta tak sembarangan menerima. Dia mengungkapkan pihaknya lebih dahulu melihat prestasi dari galeri seni tersebut, seniman yang bakal dibawa, seberapa aktif galerinya menggelar pameran dan lain-lain.

"Punya space galeri atau tidak, itu kita kurasi juga. Makanya list tahun ini cukup bagus di JCC dan banyak galeri bagus yang ikut juga. Ada dari Taiwan, Korea, Jepang, Singapura, Australia sampai New Zealand," kata Tom.




Direktur Artistik Art Jakarta, Enin Supriyanto juga menambahkan pihak Art Jakarta juga masih menyakinkan galeri-galeri tertentu untuk mau berpartisipasi.

"Kita tetap harus menyakinkan galeri A, B, atau C untuk ikut karena tahu membawa siapa yang penting. Ada pertimbangan seperti itu, begitu juga dengan art fair yang melayani kelompok industri dan di sisi lain bertanggung jawab pada audience," ujar Enin.

Tom pun menambahkan ada beberapa galeri-galeri seni baru yang berkecimpung di dunia seni rupa dan ikut di Art Jakarta 2019. Ia mencontohkan Candys yang merupakan anak galeri dari Andi Gallery.

"Ada yang baru dan kita kasih kesempatan yang baru. Artinya ada darah baru dan kami support untuk dunia seni rupa Indonesia," katanya.

"Kita perlu mendorong agar banyak pihak dapat terlibat dalam industri seni rupa. Kalau yang mapan saja ya pemain-pemainnya itu saja. Harus regenenerasi juga," timpal Enin.

Art Jakarta 2019 hadir lebih meriah dan besar selama 3 hari penyelenggaraan. Ajang seni rupa bergengsi Ibu Kota itu tahun lalu sukses mendatangkan 40 ribu pencinya seni. Setiap tahunnya Art Jakarta menjadi salah satu eksibisi yang paling dinanti.




Simak Video "ART Jakarta 2019 Digelar, Kemendikbud Berharap Ada Market yang Terbangun"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com