detikHot

art

Perdana di Jakarta! Yuk Mengenal Kelompok Teater Sirkus Modern Taiwan

Jumat, 28 Jun 2019 11:47 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikHOT Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Tampil perdana di Ibu Kota di penghujung bulan Juni, kelompok Sirkus Formosa Taiwan sukses memukau penonton. Sepanjang pertunjukan, aksi teatrikal dan sirkus akrobatik makin menghipnotis warga Jakarta.

Kelompok yang berdiri pada 2011 silam terdiri dari anak-anak muda berusia 20 tahunan yang pandai akrobatik, hip hop, seni teater modern, wushu, dan kesenian lainnya. Ada 11 anggota yang juga pemain, kelompok sirkus ini sudah melanglang buana hingga ke 50 negara dan 20 kota.

Ketua rombongan dan pemimpin sirkus, diceritakan perwakilan Taipei Economic and Trade Office (TETO) John Chen, mendirikannya ketika masih menjadi mahasiswa di tahun ketiga.



"Dia memberanikan diri untuk mendirikan sebuah sirkus tapi karena berhubung belum memiliki dana yang cukup, mereka sering berlatih di ruang bawah tanah kampus dan sering diusir pihak keamanan," ujarnya saat ditemui di Balai Kartini, Kamis (27/6/2019) malam.

Persahabatan para pemain pun sangat erat. Di antara mereka ketika menemui kesulitan tidak bisa membayar biaya sewa tempat tinggal maka akan mengumpulkan dana patungan.

"Semangat kebersamaan inilah yang selalu menghargai setiap kesempatan dalam pertunjukannya," lanjutnya.

Sukses menggelar pertunjukan lebih dari 1.000 kali, Sirkus Formosa Taiwan pernah unjuk gigi di Amerika, Prancis, Inggris, Spanyol, dan negara-negara lainnya. Setelah Jakarta, mereka bakal menyambangi Surabaya pada 30 Juni 2019.



Kemudian melanjutkan turnya ke Chennai dan New Delhi India. Artistic Director Sirkus Formosa Taiwan, Lee Tsung-Hsuan, menuturkan kelompoknya merupakan perpaduan dari budaya Taiwan.

"Kami terdiri dari multikultural budaya Taiwan yang dikembangkan jadi produksi kesenian. Ini menyatukan antara teater, seni tradisional, akrobat, dan lebih ke modern sirkus," pungkasnya.


Simak Video "Lebih Dekat dengan Teman Tuli Berbakat di Teater Tujuh"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com