detikHot

art

Menikmati Sirkus Akrobatik Taiwan Berbalut Teater di Jakarta

Jumat, 28 Jun 2019 09:55 WIB Tia Agnes - detikHot
Menikmati Sirkus Akrobatik Taiwan Berbalut Teater di Jakarta Foto: Tia Agnes/ detikHOT Menikmati Sirkus Akrobatik Taiwan Berbalut Teater di Jakarta Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Apa yang diketahui ketika mendengar nama Taiwan? Keindahan negaranya atau keramahan masyarakatnya. Negara di Asia Timur itu ternyata punya Sirkus Formosa Taiwan (FOCA), seni akrobatik khas Taiwan berbalut teater kontemporer.

Untuk pertama kalinya kelompok tersebut menggelar seni pertunjukan di Jakarta. detikHOT pun berkesempatan menonton pentas berdurasi 90 menit yang penuh aksi teatrikal, akrobatik, sekaligus menegangkan untuk dinikmati.

Pertunjukan berjudul 'The Heart of Asia' dimulai dengan latar suara deburan ombak yang membawa 9 penari ke atas panggung. Mereka membawa bola kaca yang dimainkan dengan syahdu.

Aksi teatrikal berpindah pada satu penari pria yang membawa bendera merah dan penari lainnya yang melakukan akrobatik. "Taiwan adalah rumah yang indah dengan 23 juta penduduk. Yang hidup penuh keharmonisan, marilah kita melihat Taiwan yang indah," kata seorang pria dari atas panggung Nusa Indah, Balai Kartini, Jakarta pada Kamis (27/6/2019) malam.


Menikmati Sirkus Akrobatik Taiwan Berbalut Teater di JakartaMenikmati Sirkus Akrobatik Taiwan Berbalut Teater di Jakarta Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Pementasan terbagi menjadi empat bagian. Pertama menampilkan Nuansa Timur yang berhubungan dengan posisi geografis dari Taiwan dengan martial arts dan tai-chi. Kedua, Nuansa Hakka yang merupakan salah satu suku di Taiwan dengan menghadirkan semangat Hakka.

Ketiga, Nuansa Aborigin tentang kehidupan anak kecil yang baru lahir sampai menjadi pria dewasa. Di dalamnya juga ada pertunjukan yoyo. Bagian terakhir ada nuansa multikultural yang menunjukkan masyarakat Taiwan penuh dengan keberagaman.

"Kalau kita menonton pertunjukan 70 menit akan merasa mengenal masyarakat Taiwan dan budayanya yang beragam," ujar Artistic Director FOCA, Lee Tsung-Hsuan.

Menikmati Sirkus Akrobatik Taiwan Berbalut Teater di JakartaMenikmati Sirkus Akrobatik Taiwan Berbalut Teater di Jakarta Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Tak hanya budaya Taiwan dan suku-suku di dalamnya saja, tapi juga memadukan unsur Timur dan Barat. Tradisional dan balutan gerak tari kontemporer serta akrobatik.



Dalam beberapa bagian akan terlihat para pemain berdiri melayang di atas 6 susunan kursi, atau akrobatik dengan kain, maupun aksi menegangkan yang juga mengundang tepuk tangan penonton.

Selain menggelar pertunjukan di Balai Kartini, FOCA juga bakal menggelar pertukaran budaya dengan sanggar guru tari tradisional di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pentas ini juga merupakan program pertukaran kebudayaan dari 'kebijakan baru ke arah selatan'.




Simak Video "Intip di Balik Layar Gemerlap Panggung Sirkus Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com