detikHot

art

Aneh tapi Nyata! Seniman Robot Pertama Gelar Pameran Tunggal

Rabu, 12 Jun 2019 14:46 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kalau biasanya seorang seniman menggelar pameran seni di sebuah galeri dan museum, bagaimana dengan robot? Ai-Da seniman robot pertama di dunia unjuk gigi lewat berbagai karya yang dipamerkan di Inggris.

Penemu Ai-Da yang juga pemilik galeri di Inggris, Aidan Meller, menggelar pameran perdana Ai-Da. Ada delapan sketsa, 20 lukisan, empat patung, dan dua karya video yang dipamerkan di eksibisi kali ini.

Ai-Da pun berlaku seperti layaknya seorang seniman. Ia mengenakan blus putih, rambutnya terurat, dan tampak sedang melukis. Namun ada bunyi bip dari lengannya yang mengeluarkan suara.



"Ai-Da merupakan 'suara baru' yang dibawa kami ke dunia seni," ujar Aidan Meller, dilansir dari Reuters, Rabu (12/6/2019).

Seniman robot pertama di dunia itu juga dinamai sebagai pelopor matematia dan komputer, serta mampu menggambar dari penglihatan di kamera bola matanya. Para ilmuwan di Universitas Oxford membuat algoritma Al yang membantu menghasilkan koordinat untuk lengannya melukis.

Ai-Da juga menggunakan pensil atau pena untuk membuat sketsa. Karyanya pun bisa dicetak di atas kanvas layaknya sebuah lukisan.

"Ini adalah proses menarik yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Kami tidak tahu persis bagaimana gambar akan berubah dan itu menjadi proses yang sangat penting," tukasnya.


(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed