detikHot

art

Stereoflow Tampilkan Mural Abstrak di Gedung Duta Merlin Harmoni

Kamis, 02 Mei 2019 20:03 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Stereoflow Off the Wall 2019 (Tia Agnes/detikHOT) Foto: Stereoflow 'Off the Wall 2019' (Tia Agnes/detikHOT)
Jakarta - Seniman grafiti asal Bandung Stereoflow menghadirkan mural yang berbeda ketimbang karya-karya sebelumnya. Bukan karakter lagi namun ia unjuk gigi dengan mural bergaya abstrak.

Gaya abstrak tersebut mulai dijalaninya sejak 2014 silam. Bentuk yang dibuatnya lebih sederhana dengan garis-garis yang dimainkan.

"Dicampur sama warna-warna cerah. Jadi bentuk simpel saja dan ada banyak garis-garis," ujarnya ketika mengobrol dengan detikHOT di Yello Hotel Harmoni Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Ketika 2014, ia menemukan gaya abstrak dalam mural-muralnya ia mengaku karyanya tidak memiliki arti spesifik. "Kayak ya sudah nggak ada artinya. Ada wujudnua kalau abstrak tapi ya siapapun yang melihat bebas mengekspresikan sendiri," ujar seniman yang bernama asli Adi Darma.

Ketertarikan Adi terhadap seni grafiti sudah dimulai sejak era 1990-an. Saat itu budaya hip hop mampu memikat generasi muda. Ia mulai menggambar di dinding pada 1997 lalu bergabung dengan grup grafiti Tag Team di 2002.

Lalu membuat grup FAB Family pada 2005 silam. Baginya seni jalanan khususnya grafiti asalah proses dari ekspresi identitas dirinya sendiri.

"Pada dasarnya karya saya terdiri dari garis-garis dan lingkaran sederhana yang saya kombinasikan menjadi apa saja yang terpikir saat itu. Bagi saya ini adalah memilih dan membatasi diri saya dari berbagai kemungkinan dan keinginan. Seni adalah proses dan cara hidup," pungkasnya.




(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com