detikHot

art

Hilang Selama 130 Tahun, Lukisan Charles Dickens Akhirnya Ditemukan!

Jumat, 15 Mar 2019 14:32 WIB Tia Agnes - detikHot
Hilang Selama 130 Tahun, Lukisan Charles Dickens Akhirnya Ditemukan! Foto: Museum Dickens/ Istimewa Hilang Selama 130 Tahun, Lukisan Charles Dickens Akhirnya Ditemukan! Foto: Museum Dickens/ Istimewa
Jakarta - Lukisan potret penulis Charles Dickens yang hilang baru-baru ditemukan kembali. Karya tersebut tadinya hilang selama 130 tahun.

Setelah ditemukan, potret yang dilukis Margaret Gillies akan ditampilkan pada 2-7 April mendatang di Museum Charles Dickens di London Barat. Museum tersebut merupakan rumah bagi sang penulis 'Oliver Twist' dan tempat ia menyelesaikan karya-karyanya.

Saat ini museum berusaha mengumpulkan dana untuk membeli lukisannya dan berusaha membawa secara permanen ke Doughty Street. Sebelum kabar penemuan tersebut, dua tahun lalu ada miniatur lukisan ditemukan di Afrika Selatan.



Tahun lalu lukisannya tiba di Galeri Philip Mold & Co di London. Kemudian dilakukan penelitian mengenai asal muasal lukisan.

Dari hasil penelitian, terbukti lukisannya merupakan karya Gillies dan tentang Charles Dickens. Saat itu Dickens dilukis ketika berusia 31 tahun dan sedang dalam proses menulis 'A Christmas Carol'.

"Kami sangat senang akhirnya lukisan indah yang hilang dibawa lagi ke museum. Ketika Philip Mold menghubungi kami tahun lalu, itu adalah momen yang mendebarkan," ujar Direktur Museum Charles Dickens Cindy Sughrue dilansir dari berbagai sumber.


(tia/nkn)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com