DetikHot

art

38 Karya Abstrak Seniman Baron Basuning Digelar di Jakarta

Jumat, 11 Jan 2019 15:23 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
38 Karya Abstrak Seniman Baron Basuning Digelar di Jakarta 38 Karya Abstrak Seniman Baron Basuning Digelar di Jakarta Foto: GNI
Jakarta - Merayakan 20 tahun berkarya, seniman Baron Basuning menggelar pameran tunggal bertajuk 'Noor' di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta. Pameran seni rupa abstrak Baron Basuning menyajikan 38 karya yang terinspirasi dari cahaya.

Kata 'cahaya' diambil sang seniman dari pemahaman kepercayaan umat muslim. Dalam Islam, 'cahaya' bisa berarti 'sang Ilahi' dan diartikan puncak dari segala cahaya.

Dikuratori Eddy Soetriyono, Baron diketahui sebagai seniman yang kerap melanglang buana ke berbagai belahan dunia. Ia mengunjungi Istana Alhambra di Granada, Spanyol lalu ke Masjid Nasir Al Mulk di Shiraz Iran, serta ke Taj Mahal India.



"Inspirasinya melakukan perjalanan ke berbagai bangunan Islam yang memiliki nilai artistik membuatnya melahirkan lukisan-lukisan abstrak," ujar Eddy dalam keterangan pers yang diterima, Jumat (11/1/2019).

38 Karya Abstrak Seniman Baron Basuning Digelar di Jakarta38 Karya Abstrak Seniman Baron Basuning Digelar di Jakarta Foto: GNI


Dari situ, lahirlah lukisan abstrak di antaranya adalah 'Noor', 'Pualam Kenangan', 'Hold the Light', 'Into the Light', dan lain-lain. Baron pun menyambangi New York yang tergambar dalam lukisan 'Fairytale of New York'.



Sama halnya dengan lukisan 'Semburat Merah di Bukit Sabhika' di India. Atau tentang dirinya sebagai pengembara kepada migrasi burung antar-benua dalam 'Balance'.

38 Karya Abstrak Seniman Baron Basuning Digelar di Jakarta38 Karya Abstrak Seniman Baron Basuning Digelar di Jakarta Foto: GNI


Sebelum menggelar pameran tunggal di Galeri Nasional Indonesia, ia sudah mengikuti pameran tunggal dan bersama. Di tahun 2012/2013, Baron diundang ke Agora Gallery New York untuk memajang karya-karyanya.

Pameran berlangsung pada 9 Januari - 8 Februari 2019 di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia.



(tia/ken)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed