DetikHot

art

Happy Salma Tak Mau Egois Miliki Nyai Ontosoroh

Rabu, 14 Nov 2018 12:15 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Happy Salma Tak Mau Egois Miliki Nyai Ontosoroh Happy Salma Tak Mau Egois Miliki Nyai Ontosoroh Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta - Nyai Ontosoroh bukan perempuan Jawa ningrat. Karakter fiksi yang ada dalam Tetralogi Buru karya Pramoedya Ananta Toer, sebelum diperankan oleh Marsha Timothy di teater 'Bunga Penutup Abad' adalah Happy Salma.

Happy Salma pertama kali berperan sebagai Nyai Ontosoroh 11 tahun yang lalu. Saat itu ia melakoni monolog sampai pementasan 'Bunga Penutup Abad' di tahun 2016 lalu.

"Sebagai pemain teater, peran Nyai Ontosoroh itu bukan peran yang mudah tapi saya sadar itu bukan milik pribadi. Nyai Ontosorh bisa diinterpretasikan oleh aktor-aktor lainnya. Nyai Ontosoroh bukan milik saya," ujarnya ketika diwawancarai gedung Nyi Ageng Serang, kawasan Jakarta Selatan, Selasa (13/11) malam.



Happy Salma pun mengaku harus kembali ke titik nol lagi dan move on dari lakon Nyai Ontosoroh. Lewat Titimangsa Foundation, ia ingin memberikan ruang pada siapapun untuk main teatar.

"Sekarang kan ada banyak aktor bukan pemain teater saja, jadi artinya saya memberikan ruang dan rumah untuk itu. Termasuk untuk Marsha Timothy, yang tidak menjadi seperti saya atau Sita Nursanti," lanjutnya.

Untuk pertama kalinya, ia pun menjadi penonton di pementasan 'Bunga Penutup Abad'. Di dua pertunjukan sebelumnya, Happy Salma berada di atas panggung.

"Tadi selama 2 jam saya enjoy sekali jadi penonton, bukan kayak dua pementasan sebelumnya," tukasnya.


Simak Juga 'Kerja Keras Marsha Timothy Perankan Nyai Ontosoroh':

[Gambas:Video 20detik]


Happy Salma Tak Mau Egois Miliki Nyai Ontosoroh

(tia/srs)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed