Fakta di Balik Lukisan Raden Saleh Senilai Rp 150 M

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 26 Sep 2018 16:00 WIB
Fakta di Balik Lukisan Raden Saleh Senilai Rp 150 M Foto: Banteng Hunt
Jakarta - Akhir Januari lalu, seni rupa Indonesia dihebohkan dengan terjualnya lukisan Raden Saleh yang angkanya sangat menggiurkan senilai Rp 150 miliar. Lukisan Raden Saleh itu menjadi karya seniman Indonesia termahal di balai lelang internasional.

Berikut di balik lukisan termahal Raden Saleh yang terjual awal tahun ini seperti dirangkum detikHOT:



1. Ditemukan di Gudang Bawah Tanah

Lukisan Raden Saleh yang berjudul 'La Chasse au Taureau Sauvage' atau 'Perburuan Banteng', laku terjual Rp 149 miliar di biro lelang milik Jack Philipp Ruellan di kota Vannes, Prancis pada 27 Januari lalu. Lukisannya ditemukan di gudang bawah tanah rumah sebuah keluarga Prancis.

Rumah tersebut adalah milik pengusaha kopi dan gula Prancis yang pernah tinggal di Jawa. "Lukisannya dipesan langsung ke Raden Saleh dan sempat disimpan di Jawa Tengah sampai diwariskan ke anaknya," tutur pengamat seni Agus Dermawan T.

2. Dari Jawa Tengah, Lukisan Diboyong ke Prancis

Fakta di Balik Lukisan Raden Saleh Senilai Rp 150 MFakta di Balik Lukisan Raden Saleh Senilai Rp 150 M Foto: Jack Philipp Ruellan Auction


Dari keluarga pengusaha kopi dan gula Prancis yang tinggal di Jawa, anak dari pengusaha tersebut membawa ke kota Auray, Breton, Prancis. Nama putranya adalah Jules S.S Cezard yang kemudian dipajang di rumahnya.

Agustus 2017 lalu, rumah dan koleksi di dalamnya dijual. Di gudang, ada salah satu lukisan Raden Saleh.



3. Harga Awal Rp 3,3 Miliar

Fakta di Balik Lukisan Raden Saleh Senilai Rp 150 MFakta di Balik Lukisan Raden Saleh Senilai Rp 150 M Foto: Jack Philipp Ruellan Auction


Balai lelang milik Jack Philipp Ruellan di kota Vannes, Prancis membukanya dengan harga yang terbilang kecil. Yakni Rp 3,3 miliar. Situasi yang sengit yang terjadi di balai lelang dan juga dihadiri oleh dua kolektor Indonesia mencapai harga ketok palu Rp 150 miliar.

4. Misteri Pembeli Lukisan Termahal Raden Saleh

Sampai sekarang belum diketahui pembeli dari lukisan 'Perburuan Banteng' yang dilelang. Menurut hasil wawancara detikHOT dengan Jack Philipp Ruellan via surel, ada dua orang kolektor Indonesia yang berada di telepon selama 20 menit proses lelang.



Tonton juga 'Melihat Lukisan Mengagumkan Raden Saleh di National Gallery Singapore':

[Gambas:Video 20detik]

(tia/tia)