detikHot

art

Instalasi Raksasa 'Architects of Air' Terinspirasi dari Kubah Masjid

Senin, 10 Sep 2018 21:08 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes Foto: Tia Agnes
Jakarta - Karya instalasi 'Trilumin by Architects Air' untuk pertama kalinya hadir di Mal Taman Anggrek Jakarta. Seluas 900 meter, karya seniman Inggris Alan Parkinson itu dipajang di tengah mal.

Ada dua kubah di antara karya instalasi tersebut. Exhibition Manager Architects of Air Gabriel Burden menuturkan bentuk kubah itu terinspirasi dari kubah masjid.

Instalasi Raksasa 'Architects of Air' Terinspirasi dari Kubah MasjidInstalasi Raksasa 'Architects of Air' Terinspirasi dari Kubah Masjid Foto: Tia Agnes

"Kalau orang-orang melihay itu seperti kubah masjid. Ada beberapa juga terinspirasi dari katedral, gothic katedral," ujar Burden di Mal Taman Anggrek, Senin (10/9/2018).

Di sudut-sudut lainnya ada juga terinspirasi dari gambar bunga. Bentuk-bentuk geometris di karya ini, lanjut Burden, akan menarik pengunjung dari segala umur.

"Kamu harus mengajak anak-anak untuk menikmati setiap lorong yang ada di labirin. Ada sudut yang bisa membuat penasaran. Sangat bagus juga buat penyandang autism," kata dia.

Instalasi Raksasa 'Architects of Air' Terinspirasi dari Kubah MasjidInstalasi Raksasa 'Architects of Air' Terinspirasi dari Kubah Masjid Foto: Tia Agnes

Trilumin terinspirasi oleh keindahan geometris alam dan arsitektur Islamik. Trilumin juga memiliki jalur dan kubah-kubah kecil yang dapat dijelajahi oleh pengunjung dan terinspirasi oleh bentuk berulang.

Kilauan cahaya dan warna di dalam Trilumin juga terbuat secara murni dari cahaya yang menyinari lewat plastik yang berwarna-warni. Seluruh bagian dari Trilumin dipotong dan disambung langsung dengan tangan di workshop yang berlokasi di Nottingham, Inggris. Latar belakang musik yang menenangkan juga akan membuat pengalaman mengunjungi Trilumin menjadi semakin spesial.





(tia/mah)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com