25 Grup Teater dari 15 Negara akan Pentas di Pesta Boneka 2018

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 30 Agu 2018 14:09 WIB
25 Grup Teater dari 15 Negara akan Pentas di Pesta Boneka 2018 Foto: Papermoon Puppet Theatre
Jakarta - Pesta Boneka kembali hadir tahun ini. Diselenggarakan yang ke-6 kalinya sejak 2008 oleh Papermoon Puppet Theatre itu akan menampilkan kelompok teater boneka yang lebih banyak dari lima penyelenggaraan sebelumnya.

Salah satu pendiri Papermoon Puppet Theatre Maria Tri Sulistyani menuturkan tahun ini ada 25 kelompok teater boneka dari 15 negara.

"Sebelumnya paling cuma ada 12 kelompok. Jadi ya memang meningkat tajam dari tahun sebelumnya," ujar perempuan yang akrab disapa Ria kepada detikHOT di Edwin's Gallery belum lama ini.


25 Grup Teater dari 15 Negara akan Pentas di Pesta Boneka 2018Foto: Papermoon Puppet Theatre


Grup teater yang terlibat, lanjut Ria, memang sudah tahu festival dua tahunan ini based on sharing. "Jadi yang datang ke sini tidak dalam rangka mencari uang. Di Pesta Boneka, mereka berbagi tentang pengetahuan," ujarnya lagi.

Lewat festival teater boneka bertaraf internasional dan independen yang dibangun oleh Papermoon Puppet Theatre, Ria mengatakan ada tujuan tersendiri.

"Karena ini kan eksperimental puppet festival. Memang karya-karya yang ditampilkan bukan teater boneka tradisional. Kami ingin ada hal lain yang baru untuk ditonton oleh orang Indonesia," pungkasnya.

Dilihat dari situs resmi Papermoon Puppet Theatre ada program yang dibagi menjadi pertunjukan, workshop, ketika puppeteers memasak, karya seni instalasi, dan film screening. Festivalnya bakal berlangsung di Yogyakarta pada 12-14 Oktober 2018.

(tia/srs)