Ini 3 Highlight Karya di Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 31 Jul 2018 10:29 WIB
Ini 3 Highlight Karya di Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan Foto: (Agnes/detikhot)
Jakarta -

Pameran seni koleksi Istana Kepresidenan 2018 memajang 45 karya dari 34 seniman Indonesia dan mancanegara. Tak hanya lukisan, karya yang dipajang di antaranya adalah seni patung dan kriya yang dipajang untuk pertama kalinya.

Mensesneg Pratikno menuturkan dari 45 karya, ada tiga karya yang menjadi highlight. "Ada beberapa karya yang disiapkan dan membutuhkan perjuangan yang cukup berat," tutur Pratikno saat jumpa pers di lobi Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Selasa (31/7/2018).

Ia menyebutkan highlight pertama adalah patung pemanah karya pematung Zsiemond Kisfaludi Strobel asal Hongaria. Patung yang biasanya terpanjang di halaman depan Istana Negara yang menghadap ke Jalan Veteran itu kini sudah dipindahkan ke Gedung Galeri Nasional Indonesia.



"Bisa dibayangkan bagaimana patung memanah itu dibawa ke Galeri Nasional. Itu perjuangan yang luar biasa," ujar Pratikno.

Highlight kedua adalah lukisan Henk Ngantung pada 1944 yang merupakan saksi pembacaan naskah Proklamasi di kediaman Bung Karno. Lukisan yang sudah direstorasi itu pernah dipajang di pameran seni koleksi Istana Kepresidenan pada 2016 lalu.

Ketiga adalah lukisan 'Perkelahian dengan Singa' karya Raden Saleh pada 1870. Karya tersebut adalah hadiah Ratu Belanda kepada Bung Karno.



"Tiga ini jadi ikon di antara 42 karya koleksi. Ini menjadi bagian penting dari ultimate showcase dari semua karya. Kami berharap pameran ini mampu menumbuhkan penghargaan pada karya seni tapi juga semangat untuk berkreasi dan berkreativitas. Juga semangat di penyelenggaraan Asian Games," kata Pratikno.

Dikuratori oleh Amir Sidharta dan Watie Moerany, karya yang dipajang merupakan koleksi Istana Kepresidenan dari Istana Jakarta, Bogor, Tampaksiring, Yogyakarta, dan Cipanas. Pameran dibuka pada Jumat (3/8) dan berlangsung hingga 31 Agustus 2018 di Galeri Nasional Indonesia.

[Gambas:Instagram]

(tia/doc)