DetikHot

art

Ekspresi dan Komposisi Warna di Lukisan Hendra Gunawan Langka

Jumat, 20 Jul 2018 11:06 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Ekspresi dan Komposisi Warna di Lukisan Hendra Gunawan Langka Ekspresi dan Komposisi Warna di Lukisan Hendra Gunawan Langka Foto: Ciputra Artpreneur (Lukisan 'Menangkap Kupu-kupu' karya Hendra Gunawan)
Jakarta - Hendra Gunawan menjadi salah satu dari lima maestro seni lukis Tanah Air yang namanya sudah melambung tinggi. Lukisan-lukisannya pun melejit di pasaran bahkan kerap dipalsukan oleh oknum tertentu.

Meski begitu, karya Hendra Gunawan diakui memiliki ciri khas tertentu. Baik dalam hal ekspresi, komposisi bentuk, dan warna yang langka.

"Hendra Gunawan ini sangat memahami warna. Saya melihat karya Srihadi yang juga penuh warna. Tapi kalau kata Jean Couteau yang merupakan kritikus seni, karya-karya Hendra Gunawan langka. Kombinasi bentuk dan warnanya langka," tutur Rifky Effendy berpendapat.



Pria yang akrab disapa Goro yang mengkurasi 70 seniman untuk merespons karya-karya sang maestro juga mengagumi luksian dari Hendra.

"Para seniman merasa tertantang dengan respons dan penafsiran masing-masing. Mereka berusaha mengingat kembali lukisan Hendra Gunawan," katanya lagi.

Ekspresi dan Kompisisi Warna di Lukisan Hendra Gunawan Langka Ekspresi dan Kompisisi Warna di Lukisan Hendra Gunawan Langka (Lukisan 'Pangeran Diponegoro Terluka' karya Hendra Gunawan) Foto: Ciputra Artpreneur


Kolektor Ciputra yang menggelar rangkaian acara 100 Tahun Hendra Gunawan juga mengaku sangat mencintai dan fanatik dengan karya Hendra.



"Ekspresi Hendra sama dengan jiwa saya. Dia punya komposisi warna sama dengan saya, harmonisnya juga sama. Selalu menampilkan rakyat jelata dan orang yang menderita. Jiwa saya sama dengan jiwa Pak Hendra. Hidup adalah perjuangan," tutur Ciputra.

Dia pun ingin lukisan-lukisan karya seniman Indonesia harganya bisa dua kali lipat dibandingkan seniman asal China. "Indonesia dan China ini bersaing kuat, harga lukisan asal China tiga sampai empat kali lebih mahal. Makanya saya membangun museum yang mendedikasikan pada karya-karya Hendra Gunawan," pungkas Ciputra.



(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed