DetikHot

art

Ciputra Artpreneur Rayakan 100 Tahun Maestro Hendra Gunawan

Kamis, 19 Jul 2018 17:27 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Ciputra Artpreneur Rayakan 100 Tahun Maestro Hendra Gunawan Foto: 100 Tahun Hendra Gunawan (Tia Agnes/detikHOT)
Jakarta - Ciputra Artpreneur merayakan 100 tahun Hendra Gunawan dengan dua pameran bergengsi yang dibuka awal Agustus mendatang. Untuk memeriahkan hari jadi sang maestro, lukisan-lukisan dari kolektor Ir. Ciputra bakal dipamerkan di Museum Ciputra dan Ciputra Gallery, lantai 11 Lotte Shopping Avenue Jakarta.

Di perayaan 100 tahun ini, penyelenggara mengusung tema 'Prisoner of Hope'. Nantinya lebih dari 32 lukisan karya Hendra Gunawan akan dipamerkan dan merupakan koleksi dari Ir.Ciputra.

Tema 'Prisoner of Hope' pun dipilih dengan beberapa alasan. Kalimat tersebut dinilai oleh kolektor terbesar karya Hendra Gunawan dengan makna yang khusus.

"Artinya bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian. Bersedia masuk penjara untuk mencapai harapan," ujarnya saat jumpa pers di Museum Ciputra, Kamis (19/7/2018).

Tema tersebut pun, lanjut Ir.Ciputra, memiliki dua arti yang berdasarkan dari perjalanan hidup maestro kelahiran 11 Juni 1918 silam itu.

"Pak Hendra bersedia untuk bersusah-susah dahulu. Pak Hendra cerita pernah membeli 5 lukisannya sendiri. Saya tanya kenapa. Dia bilang karena itu lukisan palsu dan saya hancurkan semua. Dia bersedia mengeluarkan uang supaya lukisan palsu tidak beredar," katanya.

Nama Hendra Gunawan dalam sejarah seni rupa Indonesia masuk dalam deretan maestro bersama dengan S.Sudjojono, Basoeki Abdullah, Affandy, dan Raden Saleh. Karyanya kental dengan figur perempuan dan memancarkan semangat kerakyatan.

Ia pun pernah terpaksa dibui lantaran keterlibatan dalam Lekra. Sejak 1965 hingga 1978 ia berada di balik jeruji besi dan tetap melukis dalam penjara.

"Bukan karena politik dia masuk penjara tapi karena dia Lekra. Dia punya slogan sebagai pembantu rakyat jelata. Tapi Hendra Gunawan bukan seorang komunis. Buktinya pemerintah Jokowi berikan penghargaan pada Hendra Gunawan pada 2015," tutur Ir.Ciputra yang kemudian mendirikan museum serta mendedikasikan bagi karya-karya Hendra.

Dua pameran bergengsi yang dipamerkan oleh Ciputra Artpreneur yakni 'Hendra Gunawan: Prisoner of Hope' dan 'Spektrum Hendra Gunawan' akan dibuka untuk umum pada 5 Agustus. Eksibisi bakal berlangsung hingga 16 Agustus 2018.


(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed