DetikHot

art

Pelukis Indonesia Juarai Lomba Lukis Internasional di Hungaria

Senin, 16 Jul 2018 16:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Pelukis Indonesia Juarai Lomba Lukis Internasional di Hungaria Pelukis Indonesia Juarai Lomba Lukis Internasional di Hungaria Foto: Istimewa
Jakarta - Pelukis asal Malang bernama Maharani berhasil menjuarai lomba lukis internasional di Hungaria. Prestasi yang didapatkan Maharani diumumkan saat gala evening di Istana Godollo dan dihadiri oleh Walikota Budapest, Corps Diplomatic, dan Pejabat Kebudayaan dari Austria pada 8 Juli lalu.

Kejuaraan yang diikuti Marani diselenggarakan oleh kelompok perupa Hungaria yaitu FMM dan Ve-Deco Budapest.

"Dua kelompok ini selalu mengadakan lomba lukisan tahunan yang ditawarkan kepada saya untuk mengikuti. Di lomba ini, saya menerapkan aliran realis," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Senin (16/7/2018).



Awalnya Maharani membuka Gallery Art and Space di Budapest yang dapat dipakai seniman Indonesia sebagai 'multigaleri'.

Pelukis Indonesia Juarai Lomba Lukis Internasional di HungariaPelukis Indonesia Juarai Lomba Lukis Internasional di Hungaria Foto: Istimewa


"Sementara ini untuk memajang lukisan saya dan beberapa teman pelukis Malang, Batu, Blitar, dan juga pelukis Malang yang ada di Jakarta, Ceko (Praha). Galeri juga bisa dipakai sebagai tempat latihan menari Topeng Malang Putri Jawi, workshop patung dan latihan melukis di kain untuk masyarakat Indonesia di Budapest," tuturnya.

Dengan menangnya nama Maharani di kancah internasional serta dibukanya galeri tersebut, ia berharap lukisan karya Indonesia bisa dihargai.

"Bagi teman-teman seniman untuk lets move on. Tetap berjuang. Saya akan kembangkan terus dengan melukis di Hungaria jika sedang di sana, dan melukis di Malang jika saya pulang. Saya juga memiliki artspace di Batu (Rumah Pinang Artspace), dan menerima residensi teman-teman luar negeri untuk workshop," tegasnya.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed