DetikHot

art

Pameran 'Namaku Pram' Diperpanjang hingga 3 Juni

Senin, 21 Mei 2018 12:37 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Pameran Namaku Pram Diperpanjang hingga 3 Juni Pameran 'Namaku Pram' Diperpanjang hingga 3 Juni Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Sejak dibuka pada 17 April lalu, pameran 'Namaku Pram: Catatan & Arsip' berhasil menggaet ribuan pengunjung untuk mendatangi Dia.Lo.Gue Kemang. Eksibisi dijadwalkan akan berakhir pada 20 Mei namun diperpanjang hingga 3 Juni 2018.

Informasi tersebut dibagikan oleh pihak Dia.Lo.Gue Kemang dan Happy Salma dari Titimangsa Foundation.

"Terima kasih kepada antusias dan respons yang besar terhadap pameran "NAMAKU PRAM" Catatan & Arsip. Kalau kamu belum sempat mengunjungi pameran atau ingin melihatnya lagi, kami memperpanjang pameran sampai beberapa minggu ke depan. Sampai jumpa di Dia.Lo.Gue," tulis @dialogue_arts seperti dikutip detikHOT.



Pameran yang menampilkan sisi lain dari sastrawan Pramoedya Ananta Toer itu menghadirkan beragam catatan dan arsip bersejarah. Ada catatan langka yang ditulis dan disusun Pram dengan nama Ensiklopedi Citra Indonesia dan Geografi Indonesia.

Dalam salah satu lembaran tua yang sudah menguning, dengan tulisan mesin tik Pram menulis telah membuat Yayasan Ensiklopedi Citra Indonesia di Pulau Buru.

Lembaran ensiklopedi yang dipajang berasal dari kertas semen, kertas biasa, dan kertas semen A5. Ada juga tas dan kaos putih yang dipakai Pram saat pergi dari Pulau Buru dan buku memoar 'Nyanyi Sunyi Seorang Bisu'. Jangan lewatkan setiap surat-surat yang dikirimkan Pram pada keluarga dan sebaliknya.

Pameran 'Namaku Pram' Diperpanjang hingga 3 Juni Pameran 'Namaku Pram' Diperpanjang hingga 3 Juni Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Di akun Instagram, Dia.Lo.Gue Kemang kembali menuliskan kalau pameran 'Namaku Pram' adalah pameran yang sangat emosional.



"Mengharukan melihat mereka yang tua, muda dan keluarga, bersemangat sekali, datang berbondong, menghabiskan waktu berjam-jam membaca dengan seksama. Juga membahagiakan melihat angkatan muda meluangkan waktu di pameran ini, taat akan aturan, menulis dan memberikan catatan dan kesan, bahkan surat yang personal, untuk Pram," tulis Dia.Lo.Gue.

Di bulan Ramadan ini, pameran 'Namaku Pram' buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB di Dia.Lo.Gue, Jalan Kemang Selatan 99A, Jakarta.

Terima kasih kepada puluhan ribu pengunjung yang telah hadir dengan begitu antusias dan dengan penuh kesabaran, mengantri untuk membaca kejadian, tahun demi tahun, pada Dinding Perjalanan Hidup Pramoedya Ananta Toer. Memberikan waktu dan perhatiannya pada Ruang Catatan dan Arsip, lalu mengakhiri kunjungan dengan menikmati Taman Kata-Kata, sambil berdiri membaca dan merenung di depan kutipan-kutipan Pram. . Pameran #NAMAKUPRAM adalah sebuah pameran yang sangat emotional. Mengharukan melihat mereka yg tua, muda dan keluarga, bersemangat sekali, datang berbondong, menghabiskan waktu berjam-jam membaca dengan seksama. Juga membahagiakan melihat angkatan muda meluangkan waktu di pameran ini, taat akan aturan, menulis dan memberikan catatan dan kesan, bahkan surat yang personal, untuk Pram. . Semoga dengan perpanjangan pameran ini akan lebih banyak lagi mereka yang hadir dan terinspirasi oleh Pramoedya Ananta Toer. . #namakupram #pramoedyaanantatoer #archive #exhibition #titimangsafoundation #dialogueartspace #baktibudayadjarumfoundation

A post shared by Dia.Lo.Gue. (@dialogue_arts) on May 20, 2018 at 10:09am PDT




(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed