DetikHot

art

Seno Gumira Ajidarma Puji Pameran 'Namaku Pram'

Jumat, 20 Apr 2018 17:50 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Seno Gumira Ajidarma Puji Pameran Namaku Pram Seno Gumira Ajidarma Puji Pameran 'Namaku Pram' Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Pameran 'Namaku Pram: Catatan & Arsip' yang berlangsung di Galeri Indonesia Kaya dan Dia.Lo.Gue Kemang sudah dibuka. Berbagai pihak yang hadir saat pembukaan pameran pun memuji berlangsungnya eksibisi yang mengungkap sisi lain dari Pramoedya Ananta Toer.

Termasuk sastrawan sekaligus Rektor Institut Kesenian Jakarta (IKJ) Seno Gumira Ajidarma. "Ini yang terbaik. Pameran dahsyat, informatif, dan nyaris sempurna dalam kapasitas yang kecil seperti ini. Sangat menginspirasi," ujar Seno ketika diwawancarai detikHOT di Dia.Lo.Gue Kemang, Jumat (20/4/2018).

Menurut penulis 'Sepotong Senja untuk Pacarku', pameran 'Namaku Pram' juga mengungkap sisi lain dari sosok Pramoedya Ananta Toer.



"Pameran ini justru melengkapi dia sebagai sastrawan. Bahkan dia itu komplit. Sebagai sastrawan dan manusia juga jago. Komplit," tutur Seno.

Seno Gumira Ajidarma Puji Pameran 'Namaku Pram' Seno Gumira Ajidarma Puji Pameran 'Namaku Pram' Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Lewat pameran 'Namaku Pram' pula, Seno menyatakan terlihat beragam bukti yang menegaskan Pram ingin hidupnya bermakna sekaligus membayar harga dari cita-cita.

"Pram menerimanya. Dia membayar harga dari cita-cita. Bahwa dia ingin menjadi dirinya sendiri, dia tidak kompromi dengan apapun," pungkasnya.

Pameran 'Namaku Pram' masih berlangsung hingga 20 Mei mendatang di Dia.Lo.Gue Kemang. Serta mini pameran di Galeri Indonesia Kaya sampai 2 Mei 2018.


(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed